hit counter code

ADVOKASI BURUH MIGRAN


Share

Merupakan program advokasi dan pemberdayaan buruh migrant Indonesia baik sebelum keberangkatan, saat keberangkatan dan sebelum penempatan. Untuk advokasi Migrant Institute telah melakukan pendampingan untuk calon Buruh Migrant Indonesia (BMI), BMI, dan Eks BMI, seperti masalah penipuan sebelum keberangkatan, dan masa penempatan yang beragam jenis masalahnya. Untuk eks BMI, Migrant Institute telah melakukan pendampingan agar mereka mendapatkan hak-haknya, salah satu haknya adalah klaim asuransi.
 
  

Dalam program pemberdayaan eks BMI, saat ini Migrant Institute menjalankan program pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan usaha. Hingga di tahun ke 2 Migrant Institute eksis, berhasil membentuk koperasi untuk eks BMI di daerah Jetis, Ponorogo dan mempunyai jejaring-jejaring di kantong-kantong buruh migrant.

Saat ini Migrant Institute sedang melakukan revitalisasi Keluarga Alumni Migrant Institute (KAMI) untuk memperkuat sektor pemberdayaan eks BMI purna, dimana dalam prosesnya akan diawali ketika BMI berada di negara penempatan / masih bekerja di Luar Negeri. Untuk keluarga yang tinggal di Indonesia akan didampingi, mulai dari pengelolaan modal, soft skil kewirausahaan, dan sebagainya. Hal itu dikelola dalam mekanisme pemberdayaan program oleh anggota dan management KAMI. Sebagai langkah awal saat ini KAMI difokuskan menangani eks BMI Hongkong saja, ke depan akan mencakup BMI dari seluruh negara penempatan.

Untuk memperlancar misi yang sudah direncanakan, Migrant Institute menjajaki kerjasama dengan cabang dan perwakilan Dompet Dhuafa di negara-negara penempatan BMI, seperti Jepang, Hongkong, Korea, Australia, dan USA. Migrant Institute juga merangkul organisasi-organisasi mahasiswa di negara-negara penempatan seperti Taiwan, Province of China dan organisasi kemahasiswaan domestic.