hit counter code

SEDEKAH POHON


Share

  

Sedekah Pohon adalah inisiatif Dompet Dhuafa untuk mengajak  donatur dan masyarakat penerima manfaat untuk berkontribusi dalam upaya-upaya penghijauan, rehabilitasi lahan kritis, dan  kelestarian lingkungan.

Program Sedekah Pohon yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa secara filosofi berbeda dengan program-program penanaman pohon dalam tema go green pada umumnya. Jika program go green umumnya hanya berorientasi pada perbaikan alam dan lingkungan, Program Sedekah Pohon menitiktekankan pada objek pengelolaannya pada pemberdayaan masyarakat miskin, selain itu  tentu saja manfaat perbaikan kualitas alam dan lingkungan.

Program Sedekah Pohon di bawah Divisi Program Relief dan kini dikelola oleh Semesta Hijau Dompet Dhuafa yang bertujuan merespon isu global terkait masalah lingkungan hidup yang saat ini berkembang dengan sangat pesat. Ada empat komponen isu dalam penanganan sedekah pohon, antara lain isu Mustahik, isu pemberdayaan, isu lahan dan isu proses program. Dalam konteks sosial, program sedekah pohon akan memberikan manfaat kepada mustahik untuk mendapatkan antara lain insentif pemeliharaan, penambahan aset kelola dan bagi hasil. Karena Sedekah Pohon berangkat dari DD yang sangat konsen terhadap mustahik maka program ini harus berbasis mustahik dengan kriteria atau profil penerima manfaat berkategori miskin baik perorangan maupun kelompok.

Sekilas program Sedekah Pohon hampir mirip dengan konsep penghijauan, namun demikian secara spirit konsep ini berbeda ditinjau dari fokus objek penanganannya. Jika program penghijauan titik fokusnya lebih pada aspek tanaman (pohon) sehingga terkadang kurang memperhatikan aspek masyarakatnya. Sementara untuk program Sedekah Pohon titik perhatiannya justru ada pada isu masyarakatnya sebagai proses pemberdayaan, maka pohon atau tanaman hanya sebatas instrumen/wasilah bagi proses pemberdayaan yang akan dilakukan.

 

Informasi lebih lanjut klik: http://semestahijau.id