hit counter code


Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Selenggarakan Bersih-Bersih Makam

Sosial, Nasional, | Tue 05/2016 07:31:02
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Menyambut bulan Ramadhan kemeriahan dapat ditemukan di setiap pelosok negeri ini. Kehadiran bulan suci tersebut sangat ditunggu seluruh masyarakat Muslim. Tak ayal sebagian besar masyarakat Muslim menyambutnya dengan kegiatan-kegiatan yang meriah, namun tetap sopan dan bermartabat.

Berbagai kegiatan diselenggarakan masyarakat, dari mulai santap makan bersama-sama, pengajian, dan juga kegiatan-kegiatan lainnya yang merupakan tradisi masyarakat daerah masing-masing. Kebahagiaan tersebut turut dirasakan oleh keluarga besar Dompet Dhuafa. Melalui tim Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), Dompet Dhuafa menggelar kegiatan bersih-bersih Makam. Kegiatan ini diselenggarakan lantaran banyaknya masyarakat Muslim yang berziarah ke makam sanak keluarganya, ketika mendekati bulan Ramadhan.

Kegiatan ini perdana terlaksana di TPU Jatimulya Bekasi, pada Sabtu (21/5). Kemudian berlanjut pada Senin (23/5), di TPU Blender, Kebon Pedes, Bogor. Lokasi ini sangat strategis untuk diselenggakan kegiatan, lantaran pemakaman ini letaknya berdekatan dengan pemukiman warga dan juga berada di samping Sekolah Dasar.

“Kegiatan seperti ini sangat jarang sekali terjadi. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena banyak dari masyarakat mau ziarah sebelum Ramadhan. Jadi kalau bersih, masyarakatpun nyaman untuk berziarah ke makam sanak family,” ujar Wahyu, selaku pengurus TPU Kebon Pedes Bogor.

Antusias masyarakat sangat tinggi dalam kegiatan bersih-bersih makam yang diselenggarakan oleh tim LPM Dompet Dhuafa. Ini terbukti karena masyarakat khususnya ibu-ibu mengirimkan berbagai macam makanan dan minuman untuk para relawan LPM Dompet Dhuafa yang membersihkan area pemakaman. Masyarakat bahagia jika pemakaman terlihat bersih dan terurus. Terlebih saat ini mendekati bulan Ramadhan.

Selanjutnya, tim LPM Dompet Dhuafa akan menggelar kegiatan serupa di berbagai Makam yang tersebar di beberapa wilayah di Jabodetabek antara lain kawasan Depok, Tangerang dan Bekasi.

“Kegiatan bersih-bersih makam ini merupakan salah satu agenda menyambut Ramadhan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa,” Tutur Ardiasnyah Karim, selaku penanggung jawab kegiatan bersih-bersih makam ini.

Selain bersih-bersih Makam, Dompet Dhuafa menggelar kegiatan bersih-bersih Masjid dan Musholla yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Sebanyak empat Masjid dan Musholla telah selesai dibersihkan dan masih ada sekitar 10 Masjid dan Musholla lagi. (LPM Dompet Dhuafa/Fajar)