hit counter code


Hadirkan Kerjasama Inovasi Produk Reksa Dana yang Memiliki Fitur Wakaf

Ekonomi, Nasional, | Thu 06/2016 13:13:48
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA – Dalam memenuhi permintaan dari para nasabahnya atas produk-produk finansial yang inovatif, PT BNI Asset Management (BNI-AM) bekerjasama dengan Yayasan Dompet Dhuafa Republika (Dompet Dhuafa), hari ini, Kamis (9/6), menandatangani MoU Pembentukan Reksa Dana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa. Sebuah reksa dana unggulan yang memberikan manfaat penyaluran Wakaf dari pemegang unit penyertaan. Pemegang unit penyertaan Reksa Dana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa tidak hanya mendapatkan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dalam jangka panjang dengan hasil investasi yang bersih dari unsur riba’ dan gharar. Tetapi juga dapat menyalurkan wakafnya melalui Dompet Dhuafa dengan pilihan paket reguler, gold dan platinum. Saat ini BNI-AM sedang mengajukan Reksa Dana tersebut kepada OJK dan sekiranya proses berjalan sesuai rencana maka BNI-AM Dana Dompet Dhuafa akan mulai dapat ditawarkan pada akhir Juni 2016.

“Kerjasama antara Yayasan Dompet Dhuafa Republika dan PT BNI Asset Management ini adalah penghimpunan dana wakaf produktif melalui investasi di reksa dana syariah,” kata Presiden Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise Ismail A. Said saat acara penandatangan kerjasama Dompet Dhuafa & BNI-AM, di Jakarta.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, BNI-AM berperan sebagai manajer investasi pengelola reksa dana syariah yang menawarkan kepada para investor untuk melakukan wakaf produktif melalui uang kepada Dompet Dhuafa selaku nazhir (pengelola wakaf). “Setelah Dompet Dhuafa menerima wakaf produktif melalui uang tersebut, akan diinvestasikan pada produk reksa dana yang dikelola BNI-AM,” imbuhnya.

Reita Farianti, Presiden Direktur BNI Asset Management mengatakan, “Per 31 Mei 2016, BNI Asset Management mempunyai dana kelolaan sebesar Rp 14,7 T dan berkonsentrasi dalam menciptakan produk inovatif”. Salah satu strategi promosi yang dilakukan adalah adanya rebranding produk BNI-AM Dana Syariah menjadi BNI-AM Dana Dompet Dhuafa. Sebelum menjadi BNI-AM Dana Dompet Dhuafa, BNI-AM Dana Syariah pertama kali diluncurkan pada tanggal 21 April 2004. Reksa Dana ini mempunyai horizon investasi jangka panjang yang miliki kinerja produk sebesar 5,72% (YTD Mei 2016), di atas performa industri Reksa Dana Pendapatan Syariah yang hanya sebesar 5,20%.

Direktur BNI Asset Management, Isbono M.I. Putro menambahkan “Reksa Dana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa merupakan inovasi produk syariah dengan fitur wakaf, menjawab kebutuhan produk reksa dana syariah pertama yang inovatif, dimana selain berinvestasi juga dapat menyalurkan wakaf. Selain itu BNI-AM juga mewakafkan sepertiga dari manajemen fee yang diterima dari pengelolaan produk ini kepada Dompet Dhuafa”.

Reksa Dana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa memberi para investor akses kepada portofolio investasi yang dikelola secara profesional, terdiversifikasi dalam bentuk pendapatan tetap, termasuk efek bersifat utang atau investasi seperti obligasi syariah dan sukuk, serta instrumen pasar uang yang bersifat syariah. Portofolio investasi tersebut tentunya akan lebih sulit dikelola jika investor mengelola sendiri dengan nilai investasi yang kecil. Dalam kondisi pasar normal, reksa dana ini akan berinvestasi 80%-98% di instrumen pendapatan tetap, 2%-20% di instrumen pasar uang. BNI-AM Dana Dompet Dhuafa merupakan hasil kolaborasi erat antara BNI-AM dan Dompet Dhuafa, serta CIMB Niaga yang bertindak sebagai Bank Kustodian. (Dompet Dhuafa)