hit counter code


TFT Wakaf, Edukasi Dompet Dhuafa Perbaiki Ekonomi dan Sosial Bangsa

Wakaf, Nasional, | Tue 12/2016 18:05:07
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PADANG -- Ekonomi menjadi salah satu permasalahan pelik bangsa kita. Islam menawarkan berbagai solusi untuk menyelesaikan masalah itu, salah satunya melalui wakaf. Dalam tata kelola harta, wakaf merupakan salah satu yang di anjurkan oleh Rasulallah SAW. Dengan berwakaf harta yang dimliki, akan menjadi lebih bermanfaat dan berkah. Wakaf bukanlah sesuatu hal yang sulit dilakukan. Setiap muslim dapat berwakaf.

"Yuk Wakaf” adalah gerakan edukasi dan kampanye wakaf pada masyarakat yang bertujuan untuk membangun peradaban melalui wakaf. Yuk wakaf mengajak semua kalangan terlibat langsung untuk membangun kesadaran umat menunaikan wakaf di lembaga-lembaga wakaf Indonesia, salah satunya Dompet Dhuafa.

"Agenda Training for Trainer (TFT) Wakaf yang digelar Sabtu (24/12), di Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa Padang, adalah upaya Dompet Dhuafa mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan dan manfaat wakaf. Roadshow dilaksanakan tak hanya di Padang. Namun juga di daerah lain di Indonesia, diantaranya Medan, Semarang, Serang, Jakarta, dan terakhir di Palembang (15-27/12)," tutur Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Defri Hanas.

Lanjut Defri, dalam pelaksanaan TFT Wakaf ini, Dompet Dhuafa Singgalang bekerja sama dengan tim Yuk Wakaf Dompet Dhuafa pusat di Jakarta. Materi diberikan langsung oleh Direktur Wakaf Dompet Dhuafa, Ustadz Shon Haji. Pesertanya pun terbatas, hanya sebanyak 66 peserta. Namun peminat cukup banyak sehingga yang hadir mencapai 73 peserta.

"Wakaf berarti menahan harta benda untuk dimanfaatkan disegala bidang sebagai kemashlahatan umat, seperti tanah rumah dan lainnya, dan dipergunakan oleh masyarakat sesuai dengan kebermanfaatannya untuk agama," tutur Ustadz Shon.

Agenda wakaf ini berlangsung dari pukul 08.00 - 16.00 WIB. Kegiatan berisi pengenalan wakaf, pelatihan singkat untuk Relawan Wakaf, training untuk bekal ke lapangan, serta pembekalan agar Relawan wakaf siap dari segi fisik dan pengetahuan. Sehingga kedepannya dapat mengedukasi publik melalui gerakan Yuk Wakaf ini.

Head of Retail Wakaf Donation, Sunarto, juga memperkenalkan beberapa bentuk wakaf produktif Dompet Dhuafa yang telah berjalan. Contohnya RS Rumah Sehat Terpadu Bogor, wakaf futsal, Masjid Madani, dan berbagai wakaf produktif yang telah dikelola oleh Dompet Dhuafa. Diharapkan adanya TFT Wakaf ini, masyarakat dapat teredukasi dengan baik tentang pemanfaatan wakaf secara efektif dan produktif. Sehingga pendayagunaan surplus maupun produk dari program wakaf ini juga memberi kebermanfaatan bagi masyarakat, demi kemajuan sosial dan ekonomi bangsa. (Dompet Dhuafa/Nisa)