hit counter code


Kado Tahun Baru Mbah Kiyar

Kesehatan, Wakaf, Nasional, | Wed 01/2017 11:55:12
Dompet Dhuafa Post Image
Share

LAMPUNG TIMUR — Mengawali tahun baru 2017, tentu banyak yang mengharapkan hidupnya lebih baik dari tahun sebelumnya. Kegagalan di tahun 2016 pasti menjadi refleksi untuk memperbaikinya. Sehingga tahun baru tak hanya menjadi seremonial nyaring terompet dan pesta kembang api. Melainkan menjadi momentum untuk bangkit kembali mewujudkan segala impian menjadi kenyataan.

Mbah Kiyar adalah sosok kakek yang hidup sebatang kara di daerah pedalaman Desa Sribhawono, Kecamatan Bandar Sribhawono, Lampung Timur. Kakek berumur 70 tahun ini berteduh di rumah milik warga yang hanya berukuran 2x4 meter dan ditambah satu ruangan dapur seadanya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, ia hanya berharap belas kasihan tetangganya.

Kondisinya sangat memprihatinkan. Selain hidup dengan keadaan serba kekurangan, Mbah Kiyar mengalami patah tulang di kaki kanannya. Lantaran saat hendak mengambil jatah beras miskin (raskin) pada 6 tahun silam, ia mengalami kecelakaan lalu lintas, dan mengakibatkan patah tulang kaki kanannya. Sehingga saat ini merasa kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk beraktifitas kembali, tim medis Rumah Sakit AKA Medika Sribhawono Dompet Dhuafa, memberikan kado tahun baru kepada Mbah Kiyar. Dengan jalan bantuan operasi untuk tulang kakinya yang patah.  

Pada Selasa (10/1), Tim SATGAS BPJS RS AKA telah menyelesaikan kartu BPJS hanya dengan bermodal KTP, “Si embah kini dapat tersenyum, insyaa Allah BPJS ready, siap mendapatkan akses sehat maksimal. Kita advokasi pengurusan BPJS-nya secara gratis,” ujar Drg. Wahyu Prabowo, selaku direktur RS AKA Medika Sribhawono Dompet Dhuafa.

Rumah Sakit AKA Medika Sribhawono Dompet Dhuafa, merupakan rumah sakit wakaf yang berorientasi peningkatan layanan kesehatan masyarakat kurang mampu, khususnya di Lampung Timur dan sekitarnya. Seperti layaknya Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Parung, Bogor.

Senyum Mbah Kiyar kini menjadi oase saat tim medis mendatangi tempat tinggalnya yang berjarak sekitar satu Kilometer dari RS AKA Medika Sribhawono Dompet Dhuafa. Ia merasa impiannya yang sudah lama pupus harapan, kini akan menjadi kenyataan. Inilah tahun emas bagi Mbak Kiyar. Karena ia akan kembali melangkahkan kakinya ke halaman tempat tinggalnya untuk merasakan hangatnya sinar matahari pagi. (Dompet Dhuafa/Khoir)