Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Gunung yang Wajib Muslim Ketahui

Dalam ayat-ayat Al-Quran, Allah SWT telah banyak berfirman dengan berbagai perumpamaan dan informasi tentang alam semesta, salah satunya adalah gunung. Gunung memang salah satu bentuk alam yang sangat mudah dilihat karena bentuknya yang sangat besar dan tinggi. Seakan-akan gunung menaungi dan melindungi kehidupan kita. 

Tidak sedikit juga Allah SWT memberikan peringatan bahwa gunung juga bisa menjadi bencana dan di akhir nanti pada saat kiamat gunung-gunung bisa meletus bahkan isinya bisa keluar dari perut bumi hingga meluluh lantahkan seisi dunia dan manusia. 

Ayat-Ayat Peringatan Allah Tentang Gunung dan Erupsi 

Bagi seorang muslim yang berpikir, seharusnya berbagai kondisi dan fenomena alam akan membuat kita berkontemplasi dan semakin tunduk akan kekuasaan Allah. Untuk itu, mari kita telaah ayat-ayat dalam Al-Quran yang membahas tentang Gunung dan Erupsi. Apalagi fenomena alam ini tengah terjadi pada saudara-saudara di sekitar Gunung Merapi. 

  1. QS An-Naba: 20

Dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia  

  1. QS An-Naml: 88

Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

  1. QS Al-Araf: 171 

Dan (ingatlah) ketika Kami mengangkat gunung ke atas mereka, seakan-akan (gunung) itu naungan awan dan mereka yakin bahwa (gunung) itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami firmankan kepada mereka), “Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya agar kamu menjadi orang-orang bertakwa.

  1. QS Al-Hasyr: 21

Sekiranya Kami turunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir.

  1. QS An-Naba: 7

Dan bukankah Kami telah pancangkan gunung-gunung sebagai pasak supaya bumi tidak berguncang sehingga manusia dapat hidup tenang di atasnya?

Hikmah dari Ayat-Ayat Tentang Gunung dalam Al-Quran 

Ayat-ayat tentang gunung dalam Al-Quran memberikan kita banyak hikmah dan peringatan. Saat ini kita tengah hidup di dunia yang memiliki banyak sekali gunung. Satu saja yang meletus, dampaknya sangat luar biasa terhadap kehidupan di sekitar. Kita bisa bayangkan jika seluruh gunung di dunia ini meletus, kiamat terjadi, sungguh tidak ada satupun yang bisa menolong kita. Teknologi secanggih apapun juga tidak akan bisa menyelamatkan kita.

Kehadiran gunung di alam semesta yang sangat besar dan tinggi, juga sering dipikirkan dan menjadi kontemplasi bagi para Nabi dan Rasul terdahulu. Mereka sering kali memikirkan penciptaan alam semesta karena melihat berbagai fenomena alam. Mereka menyadari bahwa keberadaan benda-benda di alam semesta ini bukanlah terjadi begitu saja, melainkan ada suatu hukum mutlak dan luar biasa yang diciptakan.

Dengan ayat-ayat tersebut tentunya kita bisa mengambil beberapa hikmah:

  • Semua fenomena alam adalah bentuk kekuasaan Allah SWT 

  • Gunung-gunung yang ada di bumi adalah bentuk kasih sayang Allah SWT kepada manusia untuk melindungi kehidupan manusia, namun juga bisa menjadi ujian atau musibah dalam kehidupan 

  • Banyak sekali fenomena alam yang bisa membuat kita berpikir dan merasakan ketaatan kepada Allah 

  • Kehancuran dunia kelak di akhir kiamat tentu tidak akan bisa menyelamatkan satu orang pun  

Sebagai bentuk syukur kita yang masih diberikan usia dan keselamatan, kita juga bisa membantu saudara-saudara kita yang tengah dihadapkan pada ujian bencana alam. Membantu kesulitannya tentu akan menjadi manfaat yang luar biasa. 

Kejadian meletusnya Gunung Merapi di bulan Desember 2021 juga bisa sebagai peringatan bahwa sudah saatnya kita berbenah diri dan juga menyelamatkan saudara-saudara kita yang berada di sana. 

 

Mari kita bantu mereka sebagai rasa solidaritas kita sebagai sesama manusia. Sahabat bisa membantu dengan berdonasi agar nantinya bisa kita berikan bantuan dalam bentuk makanan sehari-hari, pakaian layak pakai, tempat tidur, obat-obatan, dan kebutuhan darurat lainnya. Untuk kemudahan berdonasi, sahabat bisa berkunjung ke Platform Donasi Dompet Dhuafa untuk Berani Memulai Kebaikan saat ini juga.

Semoga sedekah atau donasi kita saat ini, kelak yang akan menyelamatkan kita baik di dunia dan juga di akhirat.