Mengenal Batas Waktu Kurban Idul Adha Secara Lengkap

batas waktu kurban idul adha

Kapan sebenarnya batas waktu kurban Idul Adha? Sebagai muslim yang akan merayakan ibadah hari raya Idul Adha sudah semestinya kita mengetahui waktu yang tepat untuk menyembelih hewan kurban dan juga batas waktu akhir untuk menyembelih hewan kurban agar ibadan kurban kita sudah sesuai dengan syariat Islam.

Batas Waktu Kurban Idul Adha

Para ulama menyatakan setelah shalat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah dan berakhir pada tenggelamnya matahari di tanggal 13 Dzulhijjah itulah batas waktu kurban Idul Adha. Dalam waktu empat hari umat Islam bisa melaksanakan ibadah kurban yaitu, hari Idul Adha dan tiga hari Tasyrik. Melewati hari tersebut bukanlah ibadah kurban dan sudah lewat masanya. Apalagi jika menyembelih hewan kurban di tanggal 14 Dzulhijjah maka tidak bisa dikatakan kurban karena masa waktunya telah habis.

Pentingnya Memahami Batas Waktu Kurban Idul Adha

Sebagai umat Islam yang patuh terhadap perintah Allah Swt sudah semestinya kita memahami batas waktu waktu kurban Idul Adha dan juga memahami syariatnya dengan benar agar ibadah kita sah dan diterima oleh Allah Swt. Memahami batas akhir kurban menjadikan diri kita disiplin dan taat pada aturan yang telah diberikan. Selain itu, kita tidak boleh mengabaikan hari-hari yang memang telah dianjurkan untuk batas akhir berkurban.

Dari Anas bin Malik, Nabi saw. Bersabda, “Barangsiapa menyembelih (binatang kurban) sebelum shalat id maka ia menyembelih untuk dirinya sendiri dan barangsiapa menyembelih setelah salat id maka ibadah kurbannya telah sempurna dan bertindak sesuai dengan sunnah kaum muslimin.” (H.R.Bukhari).

Rasulullah juga memberikan arahan terkait waktu yang salah dalam menyembelih hewan kurban yaitu, jika dilakukan sebelum shalat Idul Adha maka tidak sah kurbannya. Maka perihal waktu menjadi sangat penting yang harus kita perhatikan. Jika dalam keseharian kita beribadah shalat lima waktu saja ada batas waktu kapan shalat tersebut berakhir, begitu pun batas kurban ada masa akhirnya.

Baca Juga: Bagaimana Jika Hewan Kurban Disembelih di Atas Tanggal 14 Dzulhijjah?

Aksi Nyata Berkurban Melalui Dompet Dhuafa

Memahami dan mematuhi batas waktu berkurban adalah kunci agar ibadah kurban yang akan kita laksanakan menjadi sah dan diterima oleh Allah Swt. Dengan batas waktu yang telah ditentukan dari tanggal 10-13 Dzulhijjah seharusnya umat Muslim memiliki kesempatan waktu yang cukup untuk melakasanakan kurban yang sesuai syariat Islam.

Jika sahabat sibuk dan belum sempat berdonasi untuk kurban, melalui lembaga Dompet Dhuafa sahabat bisa berkurban secara online dengan mudah. Dengan menyalurkan donasi kepada lembaga yang terpercaya dan amanah dalam mengelola kurban, insyaAllah seluruh kebaikan dan pahala akan menyertai sahabat yang senantiasa tulus dan ikhlas dalam berkurban. Yuk, klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya.

batas waktu kurban idul adha