Ini Ganjaran Bagi yang Memaknai Hadist Anak Yatim

Siapapun tentunya menginginkan masa kecil yang didampingi oleh ibu dan ayah. Akan tetapi, tidak semua anak mendapatkan keistimewaan tersebut. Anak yatim merupakan anak-anak yang ditinggal mati oleh bapak atau kedua orangtuanya (yatim piatu). Hidup tanpa kasih sayang orangtua tentunya menjadi cobaan tersendiri. Anak yatim dan piatu juga merupakan golongan yang membutuhkan santunan dalam bentuk bantuan ekonomi. Itulah mengapa, Allah dan Rasulullah sangat menekankan pentingnya menyantuni anak-anak yatim. Hal tersebut juga ditegaskan di dalam hadits anak yatim. Simak ulasan lebih lengkap berikut ini.

Batasan Anak Yatim

Secara singkat, anak yatim adalah anak yang ditinggal mati oleh orangtuanya. Namun, hal ini perlu diperjelas. Bahwa, ada batasan tertentu seorang anak bisa disebut sebagai anak yatim. Menurut hadits anak yatim yang diriwayatkan oleh Abu Daud, seseorang yang sudah mencapai usia baligh sudah tidak bisa dikategorikan sebagai anak yatim. Apabila seseorang sudah memenuhi tanda-tanda berikut, maka ia sudah tidak bisa lagi disebut sebagai anak yatim:

  • Ia sudah berusia 15 tahun
  • Tumbuhnya bulu-bulu halus di area sensitifnya
  • Ia sudah mulai mimpi basah (untuk laki-laki
  • Ia mengalami menstruasi (untuk perempuan)

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim Berdasarkan Hadist Anak Yatim

Anak-anak yatim memang memiliki keutamaan di dalam agama Islam. Barangsiapa yang menyantuni dan mengasihi anak yatim, maka hamba tersebut akan disayangi oleh Allah SWT dan Rasulullah. Sudah sepatutnya, anak-anak yatim mendapatkan perlindungan dari orang-orang dewasa sekitarnya. Perbuatan-perbuatan baik yang wajib dilakukan kepada anak-anak yatim adalah memberikan perlindungan dan menghormati kedudukannya sebagai manusia utuh. 

Seorang muslim yang taat juga tidak diperbolehkan untuk menzalimi, menghardik, maupun bertindak sewenang-wenang kepada anak-anak yatim. Berikut adalah cara-cara memuliakan anak yatim yang didukung dengan hadits anak yatim.

1. Dilindungi dari Musibah dan Marabahaya

Menurut hadits anak yatim yang diriwayatkan oleh At – Thabrani, sebanyak tujuh puluh pintu musibah akan ditutup bagi siapapun yang menyantuni anak yatim. Rasulullah juga bersabda bahwa cara untuk menolak musibah maupun memberikan perlindungan dari marabahaya adalah dengan memperbanyak amalan sedekah untuk anak-anak yatim. Bisa dibilang bahwa bersedekah kepada anak-anak yatim yang membutuhkan dapat berfungsi sebagai penolak bala yang ampuh.

2. Memperlebar Datangnya Rezeki

Jangan pernah ragu-ragu dalam bersedekah untuk anak yatim. Bagi yang bersedekah untuk anak-anak tersebut dengan ikhlas, Allah akan menggantinya dengan rezeki yang berlipatganda. Hal tersebut ditegaskan di dalam hadist riwayat Al Baihaqi. Di dalam hadist tersebut, Rasulullah bersabda bahwa seseorang yang bersedekah untuk anak-anak yatim maupun kaum fakir miskin, maka Allah akan menurunkan rezeki untuknya. 

3. Menjadi Teman Rasulullah SAW di Akhirat Kelak

Hadist anak yatim lainnya dicantumkan di dalam hadist shahih Bukhari. Di dalam hadist tersebut, Rasulullah mengatakan bahwa orang-orang yang mengasihi, mengasuh, maupun memberi sedekah anak-anak yatim akan menjadi temannya di surga nanti. Hal tersebut diisyaratkan oleh beliau dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah yang hanya renggang sedikit. Itu menggambarkan kedekatan antara Rasulullah dengan orang-orang yang sayang kepada anak-anak yatim kelak.

Demikianlah ulasan hadits anak yatim lengkap dengan keutamaan – keutamaannya. Bersedekah dan memperlakukan anak – anak yatim dengan baik tentunya akan memberikan timbal balik yang baik untuk diri sendiri. Di Indonesia, ada banyak sekali anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang membutuhkan bantuan. Bagi Donatur yang ingin berbagi, bisa menyalurkan dana maupun barang – barang yang bermanfaat untuk mereka melalui Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa menjamin sedekah yang Donatur titipkan akan benar – benar sampai ke tangan anak-anak yatim yang membutuhkan. Donatur juga bisa memantau laporan keuangan yang diberikan secara detail, transparan, dan sangat rinci.  

SEDEKAH SEKARANG