hit counter code

PROFIL ADVOKASI


Share

Selain melakukan pelayanan dan pemberdayaan, Dompet Dhuafa juga melakukan pembelaan dalam bentuk advokasi kebijakan publik, mobilisasi (organizing), dan pemberian bantuan hukum. Proses pelayanan dan pemberdayaan akan kandas jika kaum dhuafa tidak dibela dan dipertahankan hak-haknya sebagai warga negara.

 

Jika pelayanan diibaratkan pemberian ikan (makanan) dan pemberdayaan diibaratkan melatih orang untuk bisa memancing, maka pembelaan dan advokasi bisa diibaratkan untuk membuat danau atau sungai yang terbuka dan adil untuk semua. Semua keahlian memancing yang telah diajarkan tidak akan bisa menghasilkan kehidupan bagi masyarakat, jika danau atau sungai tempat mereka memancing dikuasai oleh segelintir orang yang mengontrol semua sumber daya. Oleh karenanya, pembelaan dan advokasi yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas pelayanan dan pemberdayaan.

Saat ini peran untuk kajian dan advokasi kebijakan dilakukan oleh IDEAS sebagai lembaga think tank yang dipelopori oleh Dompet Dhuafa. Sedangkan, untuk layanan bantuan hukum dilakukan oleh Pusat Bantuan Hukum Dompet Dhuafa. Selain itu, proses edukasi dan mobilisasi komunitas dilakukan oleh Pusat Belajar Anti-Korupsi (PBAK) dan semua organisasi di Dompet Dhuafa.