hit counter code


Kolaborasi dan Aksi Cepat Dompet Dhuafa Tangani Bencana

Kebencanaan, | Sun 01/2020 16:38:38
Dompet Dhuafa Post Image
Share

LEBAK -- Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa mengapresiasi kinerja dan kolaborasi unit dan organ Dompet Dhuafa yang merespon cepat penanganan bencana yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Hanya dengan bersinergi dan soliditas kita dapat cepat merespon bencana dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,"ungkap Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Majidi, saat bersama tim DD dam relawan melakukan assessment di lokasi pasca bencana banjir bandang di Lebak Banten, Sabtu (11/1/2020).

Dompet Dhuafa memiliki unit dan organ yang lengkap untuk penanganan kemanusiaan. "Insan DD selalu siap dan siaga membantu para korban bencana dan kemanusiaan," jelas Nasyith.

Dipimpin Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, unit, organ, cabang, dan jaringan DD bersatu padu membantu korban bencana dengan cepat.

Sejak awal tahun 2020, bencana alam terjadi beruntun di Nusantara. Diawali dengan bencana banjir di berbagai wilayah, terutama di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, pada 1 Januari 2020. Disusul bencana longsor dan banjir bandang di Lebak dan Bogor, Sangihe Sulawesi Utara dan sejumlah wilayah lain.

DMC DD antara lain melakukan evakuasi, logistik, dan fasilitas bagi warga seperti air bersih, pos penampungan korban, medis dan perahu karet buat sarana transportasi warga. DMC juga melakukan koordinasi dengan BNPB dan instansi terkait.

Tim Layanan Kesehatan DD memberikan pelayanan medis dan dan penanganan darurat para penyintas. Sementara Tim Budaya, Dakwah, dan Layanan Masyarakat menyiapkan Dapur Keliling, fasilitas belajar darurat buat siswa, dan pembinaan rohani serta mental para korban bencana. Tim ini juga melakukan pembersihan dan pengecatan masjid.

Tim Program Ekonomi DD juga melakukan assessment terkait dengan dampak ekonomi korban bencana. Tim Komunikasi DD mengawal dan mengabarkan perkembangan yang terjadi di lokasi bencana. Sedangkan Tim Resources dan Mobilisasi DD melakukan akses untuk memenuhi kebutuhan para penyintas, antara lain melakukan kerjasama dan penghimpunan dana.

Cabang-cabang DD aktif melayani para korban dan bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait di daerah. Diantaranya, DD Sulut melakukan sinergi dengan pemerintah daerah di Sangihe membangun Pos Hangat, bantuan logistik, dan menangani trauma anak-anak pasca bencana.

Kunjungan pengurus Yayasan Dompet Dhuafa ke lokasi bencana untuk memetakan langkah dan strategi penanganan pemulihan (recovery) pasca bencana, serta memberikan semangat kepada Tim DD dan para relawan. Ketua Yayasan DD Nasyith Majidi didampingi Direktur Eksekutif DD drg. Imam Rulyawan, Direktur BDLM Ahmad Sonhaji, dan Chief Communication Officer (CCO) Guntur Subagja bersama Direktur DMC Benny, Manajer Operasional DMC Shofa, serta Manajer Humas DD, Dian Mulyadi.