hit counter code


Roadshow Mitigasi: Siap Siaga Bencana Sedari Kecil

Kebencanaan, | Fri 01/2020 19:29:38
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BANDUNG -- Dengan tingginya curah hujan di awal tahun, menyebabkan banyak bencana alam. Dari mulai banjir hingga longsor. Sebagian besar terjadi di wilayah Jabodetabek. Namun di beberapa wilayah juga ditemukan hal serupa, seperti di Lebak, Padang dan Surabaya.

Melihat hal tersebut, Dompet Dhuafa Cabang Jawa Barat menggelar roadshow mitigasi bencana ke sekolah-sekolah. Dari mulai jenjang SD, SMP, sampai SMA. Roadshow tersebut dimulai dari SD Cerdas Mulia Ekselensia, Kota Bandung, pada Kamis (16/1/2020).

“Jawa Barat merupakan wilayah dengan potensi bencana yang cukup tinggi dan didominasi dengan bencana banjir, longsor dan gempa bumi. Bisa dibilang Jawa Barat adalah supermarket-nya bencana,” jelas Ega Wiguna, selaku Person in Charge (PIC) kegiatan tersebut.

Para siswa dibekali materi tentang pengenalan sesar lembang, pemetaan lingkungan sekolah untuk membuat jalur evakuasi mandiri. Tentu juga simulasi evakuasi mandiri.

“Harapannya dari kegiatan tersebut, anak-anak tidak takut dengan bencana dan tahu apa yang harus dilakukan, ketika nanti terjadi bencana. Sehingga peluang untuk selamat juga lebih besar,” tambahnya.

Di akhir pelatihan, para siswa juga diajak berdonasi untuk saudara-saudara kita yang terdampak bencana banjir di Jawa Barat dan Banten.

“Kegiatan tersebut akan menjadi fokus kami di 2020. Sekaligus memperkenalkan program tanggap bencana Dompet Dhuafa Jawa Barat,” tutup Ega. (Dompet Dhuafa/Fajar)