hit counter code


Majukan Indonesia dengan Pendidikan Berkarakter Ala Sekolah Guru Indonesia

Kesehatan, | Fri 06/2015 18:59:23
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Raut wajah bahagia terlihat jelas dari ke 31 peserta School of Master Teacher (SMT) pagi tadi. SMT merupakan pelatihan bagi pendidik di Indonesia untuk memajukan pendidikan di Indonesia.  Tujuan diadakannya program SMT dari Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa adalah membentuk guru-guru yang berkarakter demi memperbaiki pendidikan di Indonesia.

“Bangga menjadi guru, guru berkarakter, menggenggam Indonesia!” Kalimat tersebut menggaung di aula, tempat dilangsungkannya wisuda ke 11 peserta SMT. Dengan semangat berapi-api, para peserta berulangkali mengucap kalimat-kalimat penyemangat itu.

Di dalam pelatihan SMT selama 36 hari itu, ke 31 peserta disiapkan untuk menjadi guru yang berkarakter pengajar, pendidik, dan pemimpin. “Kebahagiaan bagi pengelola SGI ketika para peserta mengamalkan ilmu yang di dapat di sini,” jelas Rina Fatimah, Direktur Pendidikan Dompet Dhuafa.

Peserta SMT kali ini diikuti oleh peserta dari tujuh provinsi di Indonesia.  Untuk menjadi peserta SMT mereka harus meninggalkan keluarga dan anak didik di kota asal mereka. Suka dan duka pun tak luput menghiasi hari-hari mereka selama menjalani pelatihan.

Namun, dalam wisuda kali ini diisi oleh kegiatan yang menyenangkan, salah satunya adalah menarikan tarian khas daerah. Tak hanya itu, wisuda yang digelar Jumat, (5/6) juga dimeriahkan dengan hadirnya Marwah Daud Ibrahim, Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Marwah memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh guru yang menjadi peserta SMT. Menurut wanita kelahiran Soppeng, Sulawesi Selatan ini, kebangkitan Indonesia berada di tangan para guru. “Harus masuk ke dalam pikiran kita jika Indonesia akan berjaya, kejayaan itu dimulai dari sekolah, kuncinya ada di tangan guru,” ucap Marwah.

Pelatihan SMT tak hanya berakhir ketika wisuda saja. Setiap guru yang pulang ke kota asal masing-masing akan meneruskan tujuan dari SGI Indonesia, mereka harus membuat transformasi pendidikan yang telah diajarkan selama pelatihan. Dengan keberhasilan mereka, artinya Dompet Dhuafa telah menyampaikan amanah para donatur untuk memajukan pendidikan di Indonesia. (Gita)