hit counter code


Merapi Waspada, DMC Dompet Dhuafa Pasang 24 Papan Jalur Evakuasi

Kesehatan, | Mon 07/2014 16:06:51
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOYOLALI – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa memasang 24 papan jalur evakuasi di kawasan Gunung Merapi, Jawa Tengah. Hal ini menyusul status Merapi yang kini Waspada.

“Sebanyak 10 (papan) di Selo, Kabupaten Boyolali, 6 di Kaliurang, Kabupaten Sleman, dan 8 di Srumbung, Kabupaten Magelang. Tujuannya untuk memudahkan proses evakuasi jika benar-benar terjadi letusan,” kata Subadar, tim Respon DMC Dompet Dhuafa di Balai Desa Selo, Boyolali, Selasa (13/5).

Lebih lanjut ia menerangkan, dengan pemasangan jalur evakuasi ini masyarakat yang tinggal di sekitar Merapi harus paham bahwa jalur evakuasi merupakan jalur menuju titik aman (posko pengungsian). Papan jalur evakuasi ini di buat demi terarahnya ke mana warga mau mengungsi apabila MErapi erupsi.

Selain memasang papan petunjuk, DMC Dompet Dhuafa juga menyiagakan beberapa relawan untuk memantau perkembangan aktivitas Merapi. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan koordinasi bila status dari waspada naik menjadi siaga.

Badar menambahkan, meski intensitas aktivitas vulkanik Gunung Merapi menunjukkan penurunan belakangan terakhir, namun warga diminta tetap waspada. (sgt/uyang/gie)