hit counter code


Latih Ekspor, Dompet Dhuafa Siapkan Pelaku Usaha Kecil Hadapi AEC

Kesehatan, | Mon 07/2014 16:07:10
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR – Dompet Dhuafa mengadakan pelatihan ekspor bagi para penerima manfaat program ekonomi pada Rabu, (14/5) di aula Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa, Bogor. Pelatihan digelar guna mempersiapkan para peserta pelatihan menghadapi Asean Economy Community (AEC) pada tahun 2015.

Diberlakukannya AEC berimbas pada perdagangan bebas di seluruh kawasan Asia Tenggara. Hal ini ini bisa berdampak positif maupun negatif, tergantung bagaimana Indonesia menyikapinya.

“Saya berharap, dengan diadakannya pelatihan ini, Dompet Dhuafa lebih siap dalam menghadapi AEC sehingga pemberdayaan yang dilakukan bisa lebih optimal,” ujar General Manager Program Pemberdayaan Ekonomi Dompet Dhuafa Tendy Satrio.

Sebagai pemberdayaan, Dompet Dhuafa telah membina masyarakat di bidang ekonomi, baik itu pertanian, perkebunan, peternakan, Uusaha Kecil Menengah, industri kreatif dan perikanan. Memanfaatkan peluas AEC, Dompet Dhuafa akan mengembangankan pasar di Asia Tenggara. Dengan begitu, produk binaan dapat diekspor ke berbagai negara.

Nursyamsu, pembicara pelatihan ini menjelaskan, bahwa tidak ada yang susah dalam melakukan usaha ini jika tahu caranya. Pelaku eksportir yang telah melakukan bisnis ekspor sejak tahun 90 itu menjelaskan tata cara sekaligus apa-apa yang harus dipersiapkan dan diperhatikan, termasuk resiko, kendala, dan keuntungan yang nanti akan dihadapi. (satria/gie)