hit counter code


Suka Cita Kurban Dompet Dhuafa Jogja

Kurban, | Sat 09/2015 12:17:09
Dompet Dhuafa Post Image
Share

KULONPROGO – Idul Adha menjadi salah satu momen penting bagi Dompet Dhuafa untuk berbagi kepada kaum dhuafa yang membutuhkan, melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) 1436 H. Pada Idul Adha tahun ini Dompet Dhuafa Jogja berbagi kebahagiaan hari raya dengan membagi 149 kambing dan 9 sapi.

Seluruhnya berasal dari donatur yang menjadi shohibul kurban melalui Dompet Dhuafa Jogja. Menjaga kepercayaan yang donatur berikan kepada Dompet Dhuafa, menjadi prioritas utama. Maka dari itu program THK 1436H selalu dikawal dengan seksama sejak awal pelaksanaan. Mulai dari pemilihan hewan kurban, lokasi pendistribusian hingga pelaksanaan penyembelihan.

“Hari pertama, 115 hewan kurban disembelih di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Untuk kemudian disalurkan ke 12 dusun yang ada di Desa Banjaroya. Dusun tersebut diantaranya, Klangon, Pranan, Beji, Dlingseng, Plengan, Tonogoro, Pathok Wetan, Duren Sawit, Tanjung, Potronalan, Puguh dan Kempong.” Informasi dari tim distribusi Dompet Dhuafa Jogja, Zakia Sekar. Sisa hewan kurban lainnya akan disembelih di hari kedua dan ketiga.

Salah seorang Kepala Dukuh, Makfudin menuturkan bahwa tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada agenda kurban sebesar ini. “Warga desa Banjaroya rata-rata bekerja sebagai penderes kelapa, secara ekonomi masih banyak yang lemah. Jadi saat Idul Adha tiba tidak banyak yang melaksanakan kurban, bahkan tidak ada. Sohibul Kurban biasanya berasal dari luar daerah seperti halnya Dompet Dhuafa tahun ini.”

 Rona kebahagiaan tampak di semua wajah yang hadir di Masjid Al-Ma’un (lokasi penyembelihan). Karena tahun ini mereka dapat merayakan hari besar dengan menyantap daging kurban lebih banyak, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

 “Saya terus terang kaget dengan adanya acara hari ini. Kaget sekaligus bahagia, karena baru kali ini ada hewan kurban yang cukup banyak di kampung kami.” ujar Makfudin Kepala Dusun Klangon, Banjaroya.

Terimakasih banyak yang tak terhingga warga desa Banjaroya ucapkan untuk semua sohibul kurban yang telah menitipkan hartanya melalui Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. Semoga Allah memberikan limpahan kebarokahan untuk semua shohibul. Amin. [Dompet Dhuafa Jogja/ADV)

 

 

Editor: Uyang