hit counter code


Hari Lingkungan Hidup Internasional, Dompet Dhuafa Tanam 6000 Pohon di Bogor

Kesehatan, | Mon 07/2014 16:04:27
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR-Memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional, Dompet Dhuafa melakukan aksi tanam 6000 bibit pohon pada Kamis, (5/6) di Desa Kuta, Kecamatan Mega Mendung, Bogor.

Penanaman pohon yang terdiri dari 5.000 bibit mahoni dan 1.000 bibit pala itu merupakan bagian dari progam Sedekah Pohon Semesta Hijau Dompet Dhuafa. Bibit pohon ditanam di tanah seluas 15 hektar.

“Insya Allah (program ini) akan diterima oleh mitra kita dengan target yang kita harapkan 100 kepala keluarga,” ujar Manajer Semesta Hijau Dompet Dhuafa Imam Alfaruq.

Imam menuturkan, program ini diharapkan dapat memberikan nilai bermanfaat secara ekonomis, untuk masyarakat di Desa Kuta. Dari pohon Pala, buahnya dapat diolah menjadi bahan makanan dan minuman seperti manisan, sirup, rempah-rempah dan sebagainya.

Sementara untuk pohon mahoni, buah dan daunnya dapat dijadikan obat-obatan. Selain itu, menurutnya kedua tanaman ini mampu menahan longsor dan memiliki daun yang sangat rindang, sehingga tidak hanya dapat diberdayakan hasil tanamannya, namun juga sekaligus penghijauan lahan.

Lebih lanjut Imam menerangkan, nantinya akan ada program pendampingan (monitoring) yang bekerja sama dengan sebuah pesantren dan warga setempat terhadap program Sedekah Pohon di desa tersebut.

“Dan yang terpenting bahwa program ini untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa Dompet Dhuafa peduli terhadap lingkungan dan pesantren juga peduli terhadap lingkungan,” ungkap Imam.

Untuk Sedekah Pohon sendiri, sejauh ini jumlah penerima manfaat yang diberdayakan kurang lebih 1673 dari 200.000 pohon yang tertanam di seluruh Indonesia. Semesta Hijau Dompet Dhuafa sudah menanam pohon yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten, seperti Kuningan (Jabar), Gorontalo, Baruga (Sulteng), Simeuleu (NAD), Cianjur (Jabar), Maros (Sulsel), Bogor (Jabar), Sukabumi (Jabar), dan Batu (Jatim). (uyang/gie)