hit counter code


Sambut Ramadhan, DD Jateng Gelar “Benah Bersih Musholla”

Kesehatan, | Mon 07/2014 16:01:36
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SEMARANG—Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah, Dompet Dhuafa Jawa Tengah (DD Jateng) menggelar Benah Bersih Musholla, Ahad (6/6) di Jabungan, Kecamatan Banyumanik dan Penggaron Kidul, Kecamatan Pedurungan, Semarang,

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya musholla yang tidak terurus dan kotor, sebagai tempat ibadah. Kondisi ini tentu saja membuat musholla yang seharusnya menjadi tempat nyaman untuk beribadah, banyak ditinggalkan para jamaahnya.

“Program ini kedepannya akan kita laksanakan secara kontinu menjadi program reguler, tidak hanya dalam pembenahan fisik tempat ibadah saja tetapi juga nanti untuk pengembangan SDM (sumber daya manusia)juga,” ungkap Kepala CabangDD Jateng Fadillah Rachman.

Fadil mengatakan, rencananya setelah di Banyumanik dan Pedurungan, Benah Bersih Musholla juga akan digelar di wilayah Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan mijen dengan target 5 musholla.

Dalam kegiatan tersebut, musholla mendapatkan pembenahan berupa pembersihan tempat wudhu, pengecatan dinding, pembersihan interior, penggantian beberapa elemen musholla seperti lampu yang sudah mati, engsel pintu yang sudah aus.

Warga setempat antusias dengan diadakannya program ini di kampung mereka, seperti yang disampaikan oleh Warijan salah seorang warga di sekitar musholla Baiturrahman Jabungan. “Sudah lama sekali mas warga tidak membersihkan musholla ini, kalaupun ada itu juga beberapa orang saja dan tidak maksimal,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sanusi, salah satu warga sekitar Musholla Baitul Amin Penggaron Kidul. “Musholla ini musholla tua mas, setelah sempat ramai waktu dulu, seiring dengan waktu banyak warga masyarakat yang enggan berjamaah di musholla, mungkin karena mushollanya yang kotor sehingga enggan pergi ke musholla untuk berjamaah di musholla,” paparnya. (shoim/gie)