hit counter code


Diwisuda, Lulusan SMART Dompet Dhuafa Menuju Bangku Kuliah

Kesehatan, | Mon 07/2014 14:28:29
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR –Sebanyak 21 lulusan SMART Ekselensia Indonesia (SMART) Dompet Dhuafa tahun ajaran 2013/2014 mengikuti prosesi wisuda, Sabtu (21/6), di Bumi Pengembangan Insani Dompet Dhuafa, Bogor, Jawa Barat. Mereka adalah para siswa dhuafa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur SMART Dompet Dhuafa Mulyadi Saputra menuturkan, sebanyak 9 dari 21 wisudawan sudah diterima melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjajaran (Unpad).

“Sisanya masih menunggu pengumuman SBMPTN dan tes masuk pada beberapa perguruan tinggi serta sekolah kedinasan yang ada di Indonesia,” terangnya.

Wisuda angkatan ke-6 SMART ini dihadiri Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi. Parni memberikan sambutan dan motivasi mengenai karakter pemimpin cemerlang generasi penerus bangsa kepada para wisudawan. Menurutnya, bangsa ini membutuhkan orang-orang yang berkarakter dan berintegritas tinggi untuk menjadi generasi penerus, dalam memimpin bangsa ini menjadi lebih baik.

“Karakter itu harus dibiasakan, pembiasan dan dicontohkan atau diaplikasikan kepada generasi bangsa, itu yang harus selalu ditanamkan,” paparnya.

Kegiatan wisuda ini juga dipadukan dengan acara launching dan bedah buku “Marginal Parenting”yang disampaikan oleh pakar parenting anak, Dina Kamalia. Buku ini mengulas mengenai pengalaman para guru SMART Ekselensia Indoneisa dalam mendidik dengan hati, mewujudkan siswa-siwa SMART meraih mimpi.

Selain itu, juga ada acara penyambutan para siswa baru SMART, yang ditandai dengan penyerahan secara simbolik ‘Kendi Ilmu’ dari wisudawan terbaik kepada perwakilan siswa baru. Diramaikan pula dengan penampilan tari saman dan kolaborasi musik arumba dari para siswa SMART Ekselensia Indonesia.

Keharuan memuncak tatkala orang tua wisudawan dari berbagai daerah menyaksikan anak-anaknya tampil satu persatu ke atas panggung sembari dikalungkan medali dan diserahkan piagam kepadanya. Harapan besar orangtua untuk dapat terbebas dari beban kemiskinan, seakan tersemat di pundak para wisudawan. “Akan selalu ada harapan untuk menyongsong hari esok yang lebih baik”, pungkas Mulyadi.

SMART, sebagai salah satu jejaring Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki tanggung jawab moral serta komitmen untuk mempersiapkan calon pewaris negeri dengan memberikan pendidikan berkualitas melalui penyediaan sekolah bebas biaya, akselerasi, dan berasrama. Sekolah ini diperuntukkan bagi anak dhuafa berprestasi dari seluruh Indonesia. Berdiri sejak 2004, SMART setiap tahunnya berhasil mengantarkan 100 persen anak didiknya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terakreditasi A. (uyang)