hit counter code


Tebar 224 Alquran dan 201 Iqra’ Di Pasbar

Dakwah, | Mon 11/2015 11:01:58
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PASAMAN BARAT--Buktikan Pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa Etos Dompet Dhuafa, Khairul Anami (21), yang tergabung dalam GEMA PASBAR (Gerakan Intelektual Muda Pasaman Barat), tebar Alquran dan Iqra' di kampung kelahirannya, Pasaman Barat.

Dalam tema "Seribu Al-Qur'an Terjemahan untuk Semua," pemuda yang menempuh studi di Fakultas Hukum Universitas Andalas ini ingin mengusung kegiatan untuk mewujudkan generasi penerus berakhlak Alquran, pada Minggu (15/11).

"Alhamdulillah, terimakasih untuk para donatur dan segenap masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pengadaan Alquran dan Iqra' ini. Meski belum berhasil mengumpulkan 1000 Al Quran dan 1000 Iqra' untuk 100 TPA/TPSA kabupaten Pasaman Barat. Tetapi setidaknya kita sudah memulai gerakan tersebut dan kini berhasil mengumpulkan 244 AlQuran Terjemahan dan 201 Iqra' yang telah disalurkan ke 24 TPA/TPSA yang membutuhkan," lapor Khairul kepada pengurus Dompet Dhuafa Singgalang pada Kamis (19/11).

Dari penyaluran tersebut, masing-masing mendapatkan 10 Al-Qur'an terjamahan dan 8 iqra'. Dilakukan penyerahan secara simbolis di Masjid Istiqomah di Kenagarian Air Bangis, dan Masjid Taqwa, Kenagarian Talu.

"Masih ada sisa dana yang diberikan oleh denatur dan beberapa Al-Qur'an. Ini terjadi karena di luar dugaan, ternyata donatur mulai banyak setelah satu minggu publikasi yang kita lakukan melalui media sosial. Sehingga dana yang ada tidak sempat dicairkan. InsyaAllah dana yang tersisa akan segera dibelanjakan untuk membeli tambahan persediaan AlQuran dan Iqra' sesuai yang diinginkan oleh donatur. Namun belum bisa ditetapkan kapan penyaluran langsung kepada TPA/TPSA untuk tahap selanjutnya," tambah Khairul.

Khairul juga menuturkan, bahwa kegiatan penyaluran Alquran ini masih akan dilanjutkan dengan pembukaan donasi tahap kedua.

"Karena selain dari dana yang tersisa, harus disalurkan kepada TPA/TPSA. Kita juga tetap berkeinginan melanjutkan program, sehingga terwujud seribu Al Quran terjamahan dan 1000 Iqra' untuk lebih dari 70 TPA/TPSA yang masih membutuhkan.

karena masih banyak TPA/TPSA yang membutuhkan daripada yang telah kita dapatkan saat ini," harap Khairul.

Berlangsungnya program ini berkat dukungan dan kolaborasi lembaga zakat daerah Padang seperti Dompet Dhuafa Singgalang, PKPU, serta Rumah Zakat.

"Tentunya program ini dapat terlaksana atas dukungan dari semua pihak, baik donatur, lembaga sosial, perusahaan, dan segenap masyarakat yang mendukung agenda berbagi Seribu Alquran ini. Dimana penerima manfaat sangat merasakan kegembiraan atas agenda ini. Sekali lagi saya mewakili GEMA PASBAR mengucapkan terima kasih," pungkas Khairul. (Dompet Dhuafa Singgalang/Nisa)