hit counter code


Dompet Dhuafa Targetkan Penghimpunan Rp 80 Miliar di Ramadhan 1435 H

Kesehatan, | Sat 07/2014 02:09:17
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA—Lembaga zakat Dompet Dhuafa menargetkan penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) dapat mencapai Rp 80 Miliar di bulan Ramadhan 1435 Hijriah. Target ini dicanangkan atas dasar tren setiap tahunnya di mana penghimpunan zakat terus meningkat setiap Ramadhan.

Dua tahun terakhir, penghimpunan Dompet Dhuafa saat Ramadhan menunjukkan peningkatan. Tahun 2012 penghimpunan Ramadhan Dompet Dhuafa mencapai Rp 57,235 Miliar.

“Tahun lalu (2013), Dompet Dhuafa menghimpun dana secara nasional sebesar Rp 64,312 miliar,” terang Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini di Jakarta, Kamis (26/6).

Juwaini menuturkan, tren peningkatan ini menunjukkan indikasi bahwa masyarakat semakin percaya kepada Dompet Dhuafa melalui program-program pemanfaatan dana dan layanan yang diberikan.

“Yang kedua karena adanya peningkatan pendapatan masyarakat, baik karena dampak pertumbuhan ekonomi maupun akibat standar pengupahan yang terus meningkat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Juwaini menambahkan, Ramadhan menjadi bulan yang penting bagi Dompet Dhuafa dalam mengoptimalkan penghimpunan dana Ziswaf. Pasalnya, masyarakat berlomba-lomba melakukan ibadah, termasuk menyisihkan sebagian hartanya untuk disedekahkan pada bulan Ramadhan sebagai bulan suci yang bertabur pahala dan berkah.

Tahun ini, dengan mengusung tema ‘Indonesia Move On’ – Saatnya Membuka Mata Hati, Dompet Dhuafa terus berupaya mengakomodasi niat ikhlas Donatur dalam menunaikan amalnya dan mendayagunakannya menjadi program-progam yang bermanfaat bagi kaum dhuafa dengan amanah dan profesional.

“Ramadhan tahun ini, kami meluncurkan beberapa program Ramadhan unggulan, di antaranya Pangkas Rambut Massal 1435 Yatim dan Dhuafa, Festival Kampung Sehat, Homestay, Festival Ramadhan yakni Sinabung Bangkit dan Kelud Bangun Jiwo, 1000 Terompah Ramadhan, Santunan Penggali Makam dan lain lain,” papar Juwaini.

Sebagai lembaga zakat yang telah berkiprah lebih dari 20 tahun, Dompet Dhuafa telah memelopori inovasi program-program pemberdayaan di bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Social Development (Relief).

Di bidang Pendidikan, Dompet Dhuafa memiliki sekolah gratis bagi kaum dhuafa bernama SMART Ekselensia Indonesia di Bogor, Jawa Barat. Sejak 2004 hingga saat ini, 370 siswa dari 26 Provinsi menerima manfaat program tersebut. Selain itu, sebanyak 3.592 mahasiswa telah mendapatkan beasiswa pendidikan dan pembinaan dari Dompet Dhuafa sejak 2003.

Sementara di bidang Ekonomi, Dompet Dhuafa telah memberdayakan lebih dari 14.450 kepala keluarga lewat program Pertanian, Peternakan, UKM, Industri Kreatif dan Pesisir, serta Mikro Finance berbasis syariah. Cakupan program menyasar 110 Desa/Kelurahan, 74 Kecamatan, 31 Kabupaten/Kota, dan 11 Provinsi di Indonesia.

Oleh karenanya, Juwaini mengimbau kepada seluruh umat muslim untuk menyalurkan zakatnya melalui lembaga zakat yang kredibel. Dengan begitu, dana zakat yang disalurkan dapat dioptimalkan melalui program pemberdayaan yang dapat mengangkat masyarakat dari jurang kemiskinan. “Apalagi, berbagai kemudahan layanan donasi telah disediakan oleh Dompet Dhuafa bagi donatur,” tambah Juwaini.

Mudahnya Berdonasi

Guna memudahkan para donatur dalam menunaikan donasinya, Dompet Dhuafa merilis berbagai strategi penghimpunan. Berbagai strategi penghimpunan yang terus berinovasi digalakkan Dompet Dhuafa, di antaranya QR code, yakni penghitungan zakat dan payment gateway berbasis teknologi dengan pemanfaatan bar code melalui smartphone.

Inovasi layanan donasi QR Code digulirkan Dompet Dhuafa bekerja sama dengan PT Inti Prima Mandiri Utama (iPaymu). Melalui layanan ini, para donatur cukup memilih program yang akan didonasikan, kemudian scan QR Code program tersebut dengan aplikasi Mobile payment QR code.

“Kami hadirkan pula ratusan outlet Dompet Dhuafa di beberapa mall, perkantoran, stasiun kereta, dan pusat perbelanjaan di antaranya Hypermat dan Matahari,” kata Juwaini.

Tidak berhenti sampai di sana, Dompet Dhuafa menghadirkan pula layanan jemput zakat, konsultasi 24 jam online seputar Ziswaf dan tema keislaman. Berbagai layanan tersebut dipersiapkan pada bulan Ramadhan ini agar kian memudahkan masyarakat dalam melakukan amal kebajikan. (gie)