hit counter code


Donasi via Kasir, Dompet Dhuafa – The Body Shop Gulirkan Program Desa Produsen Energi

Kesehatan, | Fri 07/2014 16:17:37
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA—Dompet Dhuafa kembali bekerja sama dengan The Body Shop Indonesia pada bulan Ramadhan 1435 H. Kali ini, kerja sama dalam rangka mengembangkan program Desa Produsen Energi di wilayah Galuga, Bogor. Dana program berasal dari Donasi via Kasir yang berlangsung selama Ramadhan.

General Manager Resource Mobilization Dompet Dhuafa, Urip Budiarto mengatakan, program ini adalah project kerjasama pertama Dompet Dhuafa dengan The Body Shop untuk mengolah sampah menjadi energi. Sebelumnya, selama empat tahun, Dompet Dhuafa dan The Body Shop bekerjasama dalam program kelestarian lingkungan lain.

“Tahun lalu, kerjasama antara Dompet Dhuafa dan The Body Shop menghasilkan donasi sebesar Rp 425 juta dan kemudian disalurkan menjadi program Air untuk Kehidupan,” ujarnya dalam peluncuran Donasi via Kasir The Body Shop di Jakarta, Rabu (2/7).

Menurut Urip, program ini berawal dari keprihatinan Dompet Dhuafa yang melihat sampah plastik sebagai barang tak berguna. Menurutnya, ada sekitar 800 ton sampah per hari yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga. “Jika didiamkan, kita akan hidup di atas tumpukan sampah kelak,” tegas Urip.

Dalam program tersebut, sampah plastik diolah menjadi bahan bakar minyak. Selain mengurangi tumpukan sampah, program ini juga dapat menghasilkan energi yang bermanfaat.

Lebih lanjut, Urip menambahkan, Dompet Dhuafa juga dapat membantu para penerima manfaat di Galuga. Menurutnya, di Galuga terdapat 300 orang pemulung dan 30 orang pengepul. “Mereka hidup di lingkungan kumuh, dengan prorgram dari Dompet Dhuafa ini harapannya mereka dapat hidup dengan lebih baik,” ujarnya.

Sejalan dengan Urip, Group Head of Corporate Communications The Body Shop Indonesia, Rika Anggraini menuturkan, sampah plastik juga menjadi keresahan The Body Shop. “Meskipun di toko kita sama sekali tidak menggunakan plastik, namun secara pribadi kita masih menggunakannya,” ujar Rika.

Rika merasa kerjasama dengan Dompet Dhuafa memberikan nilai-nilai positif. Menurutnya ada dua hal yang dapat menjadi pelajaran yaitu, membangun kepedulian terhadap kaum marginal dan memanfaatkan sampah menjadi hasil yang berguna. “Sangat menyenangkan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, kita tahu Dompet Dhuafa punya energi lebih untuk membantu sesama,” terangnya.

Rika berharap, kerjasama antara Dompet Dhuafa dan The Body Shop dapat terus berlanjut. “The Body Shop memiliki misi untuk mengembangkan program bermanfaat bagi masyarakat dan hal tersebut sejalan dengan tujuan Dompet Dhuafa,” ujar Rika.

Melihat donasi yang cukup besar dari para pelanggan The Body Shop, Urip berharap pada tahun ini jumlah donasi dapat terus meningkat. “Kami terus berusaha untuk menjadi lembaga yang mampu menyalurkan donasi pelanggan The Body Shop yang dibutuhkan oleh masyarakat,” papar Urip. (gita/gie)