hit counter code


Dompet Dhuafa-Yayasan Mukena Indonesia Gelar Cuci Mukena Gratis

Kesehatan, | Fri 07/2014 10:24:50
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA—Lembaga zakat Dompet Dhuafa dan Yayasan Mukena Indonesia menggelar Gerakan Cuci Mukena Gratis pada bulan Ramadhan 1435 H. Rencananya, gerakan ini akan digelar di 1435 Mushola se-Indonesia.

“Melalui Program ini kami berharap kita semua tergerak untuk menjaga kebersihan dan kesucian mukena dan perangkat ibadah lainnya,” ujar Direktur Sumber Daya Dompet Dhuafa, M.Thoriq Helmi saat peluncuran program pada Senin (7/7) di Jakarta.

Gerakan ini, ungkap Thoriq, berangkat dari keprihatinan perangkat ibadah, khususnya mukena di mushala umum seperti di SPBU, terminal bus, stasiun kereta, dan pertokoan yang kerap dalam keadaan kotor, kumuh dan bau. Padahal, kebersihan merupakan sebagian dari Iman.

Lebih dari itu, gerakan ini mengajak masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi terhadap sesama dalam bentuk donasi. Hal ini merupakan bagian dari wujud nyata Dompet Dhuafa dan Yayasan Mukena Indonesia bersama masyarakat untuk membantu kaum muslimah Indonesia agar nyaman beribadah salat saat singgah di tempat umum.

Hasil pengumpulan donasi masyarakat akan digunakan untuk melengkapi fasilitas dari layanan cuci mukena gratis, berupa alat cuci, mukena, alat kebersihan, dan motor untuk menjemput cucian mukena kotor dari mushalla-mushalla umum.

Nilai tambah dari gerakan ini juga membuka peluang pemberdayaan ibu-ibu tak mampu di sekitar musholla. Mereka diberdayakan untuk mencuci dan menyetrika mukena-mukena yang kotor. “Insya Allah akan menambah penghasilan untuk keluarga,” imbuh Thoriq.

Ketua Yayasan Mukena Indonesia, Aunul Fauzi menuturkan inisiatif Dompet Dhuafa dan Yayasan Mukena Indonesia ini diharapkan menjadi inspirasi berbagai pihak untuk membantu. “Misalnya memberikan dukungan sumber daya, sumbangan, atau juga menjadi relawan yang langsung terjun di lapangan, menjaga kebersihan alat salat di musholla atau masjid di sekitar masing-masing,” ungkapnya. (gie)