hit counter code


Light of Ramadhan, Sarana Dompet Dhuafa Dekatkan Donatur dan Penerima Manfaat

Kesehatan, | Thu 08/2014 17:05:11
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Foto: Rinaldi/Dompet Dhuafa

JAKARTA—Sebagai salah satu rangkaian milad ke 21, lembaga zakat Dompet Dhuafa menggelar silaturahmi antara donatur, penerima manfaat, dan masyarakat umum. Acara bertajuk “Light of Ramadhan” ini berlangsung di Ballroom Amazing Hotel Koetaradja, Jakarta, Sabtu (12/7).

“Selain silaturahmi, acara ini juga bertujuan ingin mendekatkan program-program pemberdayaan yang dimiliki Dompet dhuafa kepada donatur dan masyarakat umum,” kata Manager Customer Relationship Management (CRM) Dompet Dhuafa, Danar Dona.

Lebih lanjut Dona menjelaskan, dalam acara tersebut Dompet Dhuafa menghadirkan beberapa penerima manfaat dari program pendidikan SMART Ekselensia Indonesia (SMART) dan program ekonomi Masyarakat Mandiri (MM).

SMART merupakan sekolah gratis berasrama, akselerasi, dan terakreditasi A yang diperuntukkan bagi siswa dhuafa. Sejak 2004 hingga saat ini, 370 siswa dari 26 provinsi menerima manfaat di sekolah yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat tersebut.

Sementara di bidang Ekonomi, Dompet Dhuafa telah memberdayakan lebih dari 14.450 kepala keluarga lewat program Pertanian, Peternakan, UKM, Industri Kreatif dan Pesisir, serta Mikro Finance berbasis syariah. Cakupan program menyasar 110 Desa/Kelurahan, 74 Kecamatan, 31 Kabupaten/Kota, dan 11 Provinsi di Indonesia.

Berbagi Inspirasi

Salah satu penerima manfaat bantuan program ekonomi Dompet Dhuafa, Paini (41) berkesempatan berbagi pengalaman dalam acara tersebut. Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Bekasi ini merupakan difabel yang memberdayakan teman-temannya yang juga memiliki kekurangan sama seperti dirinya.

Paini merintis usaha kuliner, salah satunya adalah ‘onde-onde ketawa’, yang kini meluas ke beberapa jenis makanan lainya. Usahanya berkembang dari usaha kuliner dan merambah ke usaha pakaian serta pulsa elektrik. Kini, usaha yang dirintis oleh Paini telah berhasil mendapatkan sertifikasi halal.

“Alhamdulillah, saya bisa memasarkan produk karena dibantu oleh Dompet Dhuafa. Kalau tidak dibantu, belum tentu usaha saya dapat meraih sertifikasi halal,” ujar Paini dalam Talk Show Sertifikasi Makanan Halal, bersama Asiha Maharanie (Konsultan Halal).

Selain Paini, Muhammad Ibnu (14), salah satu penerima manfaat bantuan Dompet Dhuafa dari SMART Ekselensia Indonesia mengucapkan rasa terima kasih kepada para donatur yang hadir. Siswa yang tengah duduk di kelas 3 SMP ini, mengharapkan agar Dompet Dhuafa terus membantu banyak anak-anak Indonesia yang membutuhkan pendidikan yang layak.

“Saya bersyukur dibantu Dompet Dhuafa, karena masih banyak yang belum bisa melanjutkan pendidikan seperti saya,” tukasnya.

Nurhayati Subakat, pemilik dari Wardah Cosmetics, juga turut berbagi inspirasi dalam sesi Business Sharing. Ia menceritakan, sebelum mencapai puncak sukses seperti sekarang, ia mengalami perjuangan hidup yang sangat berat dalam menjalani bisnisnya. Namun, dengan usaha dan keyakinan kuat, Nurhayati yang juga merupakan donatur tetap Dompet Dhuafa ini akhirnya berhasil melewati berbagai kesulitan.

“Dengan pertolongan Allah dan terus berusaha, saya yakin, Allah akan mendengar kita dan membuatnya menjadi lebih indah,” ujarnya.

Lebih lanjut Nurhayati menjelaskan, pertemuannya dengan Dompet Dhuafa menjadi kisah tersendiri dalam menjalankan bisnis kosmetiknya tersebut. Ia menceritakan, saat terjadi konflik muslim di Ambon sekitar tahun 1996, ia mengikuti kegiatan amal yang diselenggarakan Dompet Dhuafa dengan membuka counter kosmetik.

“Dari kegiatan amal itu, ada artis yang datang. Dan tanya tentang produk kosmetik saya. Dan artis tersebut akhirnya mau menjadi model kita,” paparnya.

Melihat Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan yang terus berinovasi dengan program-program pemberdayaan. Nurhayati melalui Wardah Cosmetics berdonasi sebesar Rp 1 miliar melalui Dompet Dhuafa. Ia berharap, donasi yang diberikannya tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya kaum dhuafa.

Acara terseut juga dimeriahkan dengan penampilan Fashion Show dari Sisesa Clothing oleh Merry Pramono, dan Inspirasi Religi bersama Ustadz Zulfikar dan Yana Yulio.

Yana Julio, penyanyi sekaligus Super Volunteer Dompet Dhuafa ini mengungkapkan, sangat mendukung dengan kegiatan dan program-program yang sedang dijalankan Dompet Dhuafa. Ia mengharapkan, Dompet Dhuafa terus menginovasi program-program pemberdayaan yang dijalankan.

“Saya berharap, dapat terus berkontribusi dalam kegiatan sosial bersama Dompet Dhuafa,” harapnya. (uyang/gie)