hit counter code


Dompet Dhuafa Berdayakan Petugas Kebersihan

Kesehatan, | Wed 08/2014 09:04:40
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Foto: Gita/Dompet Dhuafa

DEPOK—Sebanyak 18 petugas kebersihan diberdayakan Dompet Dhuafa di Cipayung, Depok, Jawa Barat, Selasa (15/7). Mereka mendapatkan pelatihan mengenai peternakan.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari program Pemulung Berdaya Dompet Dhuafa. Program ini digelar untuk memberdayakan pemulung dan petugas kebersihan yang berpenghasilan minim.

Direktur Kampoeng Ternak Nusantara (Kater) Dompet Dhuafa, Ajat Sudrajat menuturkan, selain pelatihan keahilan soal ternak, para penerima manfaatakan mendapatkan bantuan modal dan pelatihan kelembagaan. “Mereka dilatih mandiri secara kelembagaan,” papar Ajat.

Ajat berharap penerima manfaat dapat mandiri dari segi ekonomi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya dan meningkatkan kualitas intelektualnya. Hal itu dapat terjadi karena program ini memberikan pelatihan secara teori maupun praktik.

Salah seorang peserta pelatihan, Aman Ahmad (41,) mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat. Menurutnya, dengan adanya program ini Amat dan ke 17 orang rekannya dapat mengetahui cara pembuatan kompos dan mendaur ulang kompos.

Menurut Aman, dengan penghasilan yang pas-pasan tiap bulannya kegiatan ini dapat membantu keuangan keluarganya. “Selama ini kita hanya mengumpulkan sampah, tapi sekarang kita bisa membuat kompos dan kerajinan tangan sehingga dapat menjadi nilai ekonomis,” ujarnya. (gita/gie)