hit counter code


Dompet Dhuafa Bantu Korban Gempa di Provinsi Yunnan, Tiongkok

Kesehatan, | Thu 08/2014 14:39:03
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Foto: Sigit/DMC Dompet Dhuafa

TANGERANG SELATAN—Dompet Dhuafa memberangkatkan Tim Kemanusiaan pada Kamis (7/8) untuk membantu masyarakat yang terkena dampak gempa di Propinsi Yunnan, Tiongkok. Sebagaimana diberitakan, gempa berskala 6.5 telah mengguncang Propinsi Yunnan, Ahad pagi (3/8). Setidaknya 398 orang dilaporkan meninggal dan 1,856 lainnya menderita luka-luka di empat distrik di Propinsi Yunnan.

Sebelumnya, Tim Disaster Managent Center (DMC) Dompet Dhuafa berkoordinasi dengan perwakilan Dompet Dhuafa di Hong Kong. Tim lantas segera melakukan respon dengan mengirimkan tim pengkaji dampak bencana untuk membawa bantuan yang diperlukan masyarakat di lokasi bencana. Tercatat lebih dari 22,550 rumah hancur total dan 39,200 lainnya terdampak parah.

“Ada banyak infrastruktur dan fasilitas umum yang rusak akibat gempa ini, dan sudah menjadi kewajiban kita untuk ikut membantu,” ungkap Rovi, Kepala Cabang Dompet Dhuafa Hong Kong. Bersama dengan relawan setempat, Dompet Dhuafa mencari cara yang paling tepat untuk meringankan beban masyarakat di tempat yang paling parah terkena dampak gempa.

Total lebih dari 980,000 orang atau sekitar 210,000 kepala keluarga yang terkena dampak, termasuk 229,700 yang harus diungsikan. Fasilitas umum seperti transportasi, listrik, dan komunikasi juga mengalami gangguan cukup parah.

“Berdasar rekomendasi dari tim assessment (pencari dampak bencana), selain menyiapkan bantuan kebutuhan pokok seperti selimut, makanan, dan obat-obatan, Dompet Dhuafa juga mengantisipasi kebutuhan bantuan di fase pemulihan terkait penyediaan air bersih dan dukungan rekonstruksi fasilitas umum,” ujar Ahmad, tim kemanusiaan Dompet Dhuafa yang diberangkatkan.

Lewat 16 cabangnya yang tersebar di berbagai negara, termasuk Kantor Perwakilan di Hong Kong, Dompet Dhuafa telah lebih dari 20 tahun aktif berkontribusi dalam berbagai masalah kemanusiaan tanpa membedakan ras, agama, maupun golongan politik. (sigit/gie)