hit counter code


Pentingnya Peran Kader, Dompet Dhuafa Optimalkan Kader Posyandu

Kesehatan, | Fri 08/2014 11:33:58
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Para kader Posyandu tengah mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas dari LKC Dompet Dhuafa. (Foto: Dokumentasi LKC Dompet Dhuafa).

TANGERANG SELATAN – Hadirnya kader Posyandu amat dibutuhkan. Perannya dinilai dapat membantu program pemerintah dalam hal kesehatan. Peran mereka antara lain adalah menyampaikan Informasi kepada masyarakat tentang berbagai program kesehatan untuk membantu pemerintah.

Berangkat dari kesadaran itulah Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa menyelenggarakan acara “Refresh Kader Posyandu” sebagai upaya optimalisasi peran kader posyandu pada Senin – Selasa, (25-26/8) lalu di Ciputat, Tangerang Selatan.

“Acara ini dimaksudkan agar para kader Posyandu di kawasan Ciputat semakin berdaya dan dapat meningkatkan peran aktifnya di masyarakat,” kata Ani Rohayani selaku Kepala Pelaksana Program LKC Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

Perempuan yang akrab disapa Bidan Ani mengungkapkan, bahwa Kader yang bernaung dalam wadah Posyandu merupakan sebagai ujung tombak dari program kesehatan. Karenanya, peran serta mereka perlu disegarkan kembali dengan harapan semangat menciptakan budaya sehat di masyarakat tetap terjaga.

”Mungkin materi yang akan kita sampaikan sudah mereka dapatkan dahulu, sehingga peran kami sekarang adalah mengajak kembali kader untuk mengingat peran dan fungsi para kader di masyarakat,” kata Bidan Ani.

Sementara itu, Pengelola Program Gizi Puskesmas Ciputat Timur Hj. Laili Musoyyaroh merasa bersyukur atas inisiasi LKC Dompet Dhuafa dalam meneguhkan kembali kiprah Kader Posyandu di masyarakat.

”Sangat bersyukur sekali bahwa ada lembaga yang bisa mendampingi ibu-ibu kader karena hal ini bisa meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan semakin meluas, semoga kita bisa bekerja sama dalam program kesehatan lainnya,” tuturnya.

Acara yang diikuti oleh puluhan ibu-ibu kader Posyandu ini nampak mendapatkan respon sangat baik. Nampak terlihat para peserta sangat antusias menyimak dan mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan.

”Sangat bagus sekali, menambah pengetahuan kita terutama masalah Posyandu, semoga kegiatan seperti ini sering diadakan,” ujar Sunarsih, salah satu kader Posyandu Bougenvile II, Rempoa, Ciputat. (gm/mj/gie)