hit counter code


Tanggulangi Penyebaran TB di Banten, DD Banten Latih Kader TB

Kesehatan, | Fri 09/2014 14:11:54
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Foto: Dokumentasi DD Banten

SERANG— Dompet Dhuafa Banten (DD Banten) melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma Gerai Sehat Nurul Iman menggelar pelatihan kader tuberculosis (TB) di Serang, Banten pada Selasa (2/9). Pelatihan bertujuan menanggulangi penyebaran TB di Banten.

Indonesia menempati urutan keempat dengan pengidap penyakit tuberculosis (TB) terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, dan Afrika Selatan. Kenyataan ini menjadi perhatian khusus bagi praktisi kesehatan, khususnya di Banten.

“Selama ini masyarakat awam masih banyak yang menilai bahwa TB adalah penyakit kutukan dan sulit disembuhkan. Padahal, kenyataannya tidak demikian. TB dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat dan teratur,” ujar Iis Tursiyah, Health Manager Gerai Sehat Nurul Iman DD Banten.

Iis berharap, pelatihan ini dapat mempersiapkan kader TB yang andal dan mampu menyebarluaskan informasi penanganan TB kepada masyarakat. Kader-kader yang dilatih diharapkan mampu menyampaikan informasi mengenai TB kepada masyarakat.

“Serta mereka memiliki kemapuan untuk memberikan penanganan kepada masyarakat yang terjangkit TB, sehingga semakin banyak pasien TB yang terbantu dan terselamatkan,” katanya. 

Pimpinan Cabang DD Banten, Abdurrahman Usman menegaskan, DD Banten bertekad memberikan pelayanan terbaik dari hati untuk masyarakat dhuafa di Banten. Pasalnya, selama ini masyarakat dhuafa selalu terpinggirkan dari akses pelayanan kesehatan yang baik dan cepat. 

“Semua orang berhak untuk hidup sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik, namun pada kenyataannya masyarakat dhuafa selalu dinomorduakan, untuk itu DD Banten telah berkomitmen untuk menjadikan Gerai Sehat Nurul Iman sebagai klinik yang melayani masyarakat dhuafa untuk berobat secara cuma dengan pelayanan yang baik,” tandasnya. (chogah/gie)