hit counter code


Kemudahan Berkurban dari Dompet Dhuafa Melalui Kasir Transmart Carrefour

Kesehatan, | Mon 09/2014 10:32:05
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Foto: Uyang/Dompet Dhuafa

Hari Raya Idhul Adha atau yang biasa disebut Hari Raya Kurban merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia. Dimana pada hari tersebut di dalamnya terdapat suatu kegiatan yakni penyembelihan hewan kurban dengan tujuan mendapatkan ridho Allah Swt. Ketika Hari Raya Kurban hadir menyapa, tentu kita senantiasa mengingat perjuangan dan jejak orang-orang mulia sebagai simbol ketauladanan yang dapat dipetik menjadi pelajaran berharga.

Pada momen Hari Raya Kurban, Dompet Dhuafa terus menorehkan kreasi melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) yang kini memasuki gelaran ke-22. Penyaluran Hewan Kurban melalui THK diberikan kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil, terbelakang, rawan gizi dan orang-orang yang tinggal di daerah bencana alam dan kerusuhan melalui Mitra Pemberdayaan Peternak di daerah setempat.

Kini untuk memudahkan masyarakat berkurban pada Hari Raya Idul Adha 1435 H, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) menyediakan program mudah berkurban. Program yang merupakan pencabangan dari THK tersebut mulai dibuka dari 5 September 2014 hingga 5 Oktober 2014 dengan mengusung tema “Mari Kita Berkurban”. Program kerjasama tersebut telah berjalan selama dua tahun dan menjadi inovasi yang memudahkan masyarakat untuk berkurban.

Melalui program tersebut, Dompet Dhuafa dan Transmart Carrefour sengaja memberikan kemudahan masyarakat untuk berkurban melalui konter dan kasir di sejumlah gerai Transmart Carrefour di Indonesia. “Jadi disela berbelanja di Transmart Carrefour, masyarkat dapat langsung menunaikan kurbannya untuk Allah SWT melalui kasir di lokasi tersebut,” tutur Herman Budianto, Direktur Program THK Dompet Dhuafa saat peluncuran program, Jumat (5/9) di Jakarta.

Untuk harga jual hewan kurban melalui kasir dari kerjasama ini, Dompet Dhuafa dan Transmart Carrefour yaitu menyepakati harga, Rp 1.800.000,- (kambing) dan Rp 10.950.000,- (sapi). “Kerjasama ini hanya sebatas pada pembeliaan hewan kurban saja, sedangkan untuk penyaluran dari THK, pihak Transmart Carrefour sepenuhnya menyerahkan kepada Dompet Dhuafa,” tambah Herman.

Masyarakat dapat menunaikan kurbannya melalui kasir di sejumlah gerai Transmart Carrefour di lima kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar dan Palembang. Untuk wilayah Jakarta, masyarakat dapat mengunjungi gerai Transmart Carrefour Lebak Bulus, Ambassador, Tamini Square, Kramat Jati, Bekasi Square, Blu Plaza, Puri Indah, Taman Palem, Pamulang, Itc Cempaka Mas, Mall of Indonesia dan Cibinong City Mall untuk menunaikan kurbannya.

“Sudah selayaknya masyarakat memanfaatkan kemudahan dalam berkurban melalui Tebar Hewan Kurban hasil kerjasama Dompet Dhuafa dan Transmart Carrefour ini. Karena program tersebut sangat mengedepankan sistem pemerataan, yang mana tidak seperti jika kita berkurban di komplek atau kampung yang hanya terdistribusi dalam lingkup kecil. Tetapi dengan THK, pendistribusian hewan kurban tersalurkan lebih luas dan merata ke berbagai penjuru nusantara,” ungkap Herman.

Penyaluran hewan kurban THK Dompet Dhuafa tahun ini menargetkan pendistribusian ke 4.155 desa, 375 kecamatan, 214 kabupaten dari 33 Provinsi di Indonesia. Bahkan melalui program THK, Dompet Dhuafa juga menyalurkannya hingga mancanegara yang targetnya adalah negara di mana penduduk muslim menjadi minoritas dan sering terjadi konflik kemanusiaan. Negara seperti Filipina, Kamboja, Vietnam, Myanmar-Rohingya, Thailand dan Timor Leste adalah negara yang menerima distribusi hewan kurban dari program THK Dompet Dhuafa.

Program THK Dompet Dhuafa tak hanya menebarkan hewan kurban semata, tetapi juga memberdayakan para peternak binaan yang tergabung dalam program Kampung Ternak Nusantara.

Program THK Dompet Dhuafa adalah perwujudan dari model bisnis sosial yang turut mengangkat perekonomian para peternak binaan yang telah ada selama ini. Jadi, ketika umat Islam bergabung dalam program THK ini, tentu mendapat keuntungan ganda. Selain beramal dengan berkurban, masyarakat juga turut serta memberdayakan peternak dari program Kampung Ternak Nusantara. (taufan)