hit counter code


Hampir Terbujuk Rayuan Rentenir, Testi Aprilia: Alhamdulillah, Ada STF Dompet Dhuafa

Kesehatan, | Fri 09/2014 16:52:42
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Testi Aprilia (kanan) saat melayani salah seorang pembeli. (Foto: Dokumentasi STF Dompet Dhuafa)

“Hidup ini adalah perjuangan. Jadi, jangan menyerah dalam jalani hidup.” Ungkapan tersebutlah yang kira-kira menjadi penyemangat hidup Testi Aprilia (33), salah satu penerima manfaat Social Trust Fund (STF) Dompet Dhuafa cabang Tangerang Selatan. Menjalani usaha warung minuman dan makanan tak membuat ibu muda yang satu ini berkeluh kesah.

Awalnya tak terpikirkan oleh Testi, demikian sapaan akrabnya sehari-hari untuk membuka usaha warung minuman dan makanan. Hal tersebut dilakukannya semata-mata demi membantu perekonomian keluarganya. Sang suami yang hanya bekerja sebagai buruh di perusahaan swasta, dengan pendapatan yang dirasa tak mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari, ditambah sang ibu yang kini tinggal bersamanya, membuatnya tergerak untuk membuka usaha tersebut.

“Ya, lumayan juga buat tambah-tambah uang dapur. Apalagi orangtua udah sepuh (lanjut usia), kan saya kasian juga,” ucap ibu yang belum dikaruniai anak ini.

Sebelum membangun usahanya tersebut, banyak kerikil cobaan yang harus ditempuh Testi. Ia tak memiliki modal usaha untuk mewujudkan keinginannya itu. Suatu ketika ia pun hampir nekat ingin meminjam modal kepada seorang rentenir yang ia temui di sekitaran Pasar Ciputat. Namun, sang suami yang kala itu mendengar niatnya, tak mengijinkan Testi untuk melakukan pinjaman modal pada sang lintah darat.

“Alhamdulillah, jadi apa saya sekarang kalo sampe minjem ama rentenir?” ujar Testi yang tinggal di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan ini.

Beruntung, di saat kekalutan yang menyelimuti dirinya yang belum juga mendapatkan jalan keluar dalam mencari pinjaman modal usaha, sang suami memberinya saran untuk meminjam modal usaha ke Dompet Dhuafa melalui Program Social Trust Fund (STF). Pinjaman modal usaha tanpa bunga yang ditawarkan salah satu program ekonomi Dompet Dhuafa ini membuatnya semakin berharap dapat dibantu.

Tanpa keraguan dan atas izin suaminya, Testi pun akhirnya mendaftar dan bergabung dengan program STF Dompet Dhuafa Cabang Tangerang Selatan. Alhamdulillah, pinjaman pertama sebesar Rp 750 ribu yang diperolehnya tersebut langsung dimanfaatkannya untuk membeli kebutuhan jualannya seperti meja kayu, minuman dan makanan. Pinjaman kedua sebesar Rp 1 juta pun telah dimanfaatkannya untuk menambah jenis barang dagangannya seperti kopi dan gorengan.

“Alhamdulillah, saya hanya bisa bersyukur bahwa STF Dompet Dhuafa mau membantu saya wujudkan usaha saya ini” ucapnya bersyukur. (uyang/gie)