hit counter code


Hewan Kurban Dompet Dhuafa Pecahkan Rekor Dunia

Kesehatan, | Tue 10/2014 09:09:05
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Dompet Dhuafa menerima rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kambing kurban terberat. (Foto: Yogi/Dompet Dhuafa)

JAKARTA—Penyelenggaraan program Tebar Hewan Kurban (THK) pada Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah terasa berbeda dan istimewa bagi Dompet Dhuafa. Sebab, Dompet Dhuafa memecahkan Rekor Musem Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk Hewan Kurban Terberat Kategori Kambing seberat 135 Kilogram.

Rekor MURI tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini, Ahad (5/10) di halaman Carrefour Lebak Bulus, Jakarta.

“Rekor MURI ini sebagai bentuk pemaknaan semangat berkurban dari THK Dompet Dhuafa. Semoga ini bisa menginspirasi setiap orang agar bisa berkurban yang terbaik,” terang Ahmad.

Ahmad juga berharap, dengan adanya Rekor MURI tersebut dapat mengajak masyarakat lebih bersemangat berbagi nikmat kurban. Dengan begitu, semakin banyak orang-orang yang membutuhkan mendapat kebahagiaan.

Sementara itu, ketua umum MURI Jaya Suprana menilai, rekor dunia yang ditorehkan Dompet Dhuafa ini spesial karena memiliki nilai kemanusiaan.

"Dompet Dhuafa sudah berulang kali menciptakan rekor. Dan menurut saya rekor yang paling indah itu adalah rekor yang memiliki makna kemanusiaan," katanya.

Di balik rekor dunia ini, terang Jaya, sejatinya bagaimana memaknai semangat berkurban dan berbagi. Jaya menuturkan hal ini menjadi teladan bagi setiap orang.

“Saya ingin rekor ini ada yang memecahkannya ke depannya. Apalagi ini kan hewan kurban yang dagingnya untuk dibagikan,” harap Jaya.

Kambing pemecah rekor dunia tersebut bernama Samson. Samson merupakan Kambing Etawa Senduro hasil ternak CV. Etawa Jaya di Lumajang, Jawa Timur.

Setelah penganugerahan di Carrefour Lebak Bulus, Kambing Samson dipotong dan didistribusikan di komunitas Kusta Sitanala yang berlokasi di Tangerang, Banten pada Senin (6/10). Di lokasi pemotongan tersebut juga diadakan masak bersama.

Dua periode terakhir ini, THK Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Transmart Carrefour dalam memberikan kemudahan masyarakat untuk berkurban melalui konter dan kasir di sejumlah gerai Transmart Carrefour di Indonesia. Melalui berbagai kerjasama dan kreasi THK Dompet Dhuafa tersebut, masyarakat juga turut semangat memaknai momen Hari Raya Kurban.

Penyaluran Hewan Kurban melalui THK Dompet Dhuafa diberikan kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil, terbelakang, rawan gizi dan orang-orang yang tinggal di daerah bencana alam dan kerusuhan melalui Mitra Pemberdayaan Peternak di daerah setempat.

Penyaluran hewan kurban THK Dompet Dhuafa tahun ini menargetkan pendistribusian ke 4.155 desa, 375 kecamatan, 214 kabupaten dari 33 Provinsi di Indonesia. Selain itu, program THK Dompet Dhuafa juga menyalurkannya hingga mancanegara yang targetnya adalah negara di mana penduduk muslim menjadi minoritas dan sering terjadi konflik kemanusiaan. Negara seperti Filipina, Kamboja, Vietnam, Myanmar-Rohingya, Thailand dan Timor Leste, serta Gaza, Palestina adalah negara yang menerima distribusi hewan kurban dari program THK Dompet Dhuafa. (taufan/gie)