hit counter code


Kagum dengan SMART dan RST, Warga Jepang ini Jadi Volunteer Dompet Dhuafa

Kesehatan, | Mon 10/2014 10:37:01
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Kentaro Nagasawa (tengah) saat berkunjung ke SMART Ekselensia Dompet Dhuafa di Bogor, Jawa Barat pada 2012. (Foto: Dokumentasi Kentaro Nagasawa)

TOKYO—Kunjungan ke SMART Ekselensia dan RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Bogor pada April 2012 meninggalkan kesan bagi Kentaro Nagasawa (33). Profesional muda asal Jepang tersebut memang sengaja berkunjung ke sekolah dan rumah sakit gratis untuk kaum dhuafa itu lantaran penasaran ingin melihat langsung program Dompet Dhuafa.

“Saya sangat terkesan dengan aktivitas Dompet Dhuafa dan bersimpati atas ide-ide Dompet Dhuafa,” ungkap Nagasawa di Tokyo, Jepang awal Oktober lalu.

Mendapat kesan yang mendalam saat berkunjung ke SMART dan RST, Nagasawa pun tergerak untuk menjadi volunteer (relawan) Dompet Dhuafa. Ia menjadi Internasional Partnership Representative Dompet Dhuafa di Jepang.

Nagasawa sebelumnya memang telah mengenal Dompet Dhuafa. Pada medio 2011, Kepala Cabang Dompet Dhuafa Jepang saat itu, Bayu, meminta Nagasawa menjadi penjamin kantor baru Dompet Dhuafa Jepangyang disewa di Tokyo. “Tapi saat itu, saya tidak tahu sama sekali dengan Dompet Dhuafa,” ujar Nagasawa.

Kini sebagai Internasional Partnership Representative Dompet Dhuafa, Nagasawa memiliki peran melayani donatur Dompet Dhuafa berkewarganegaraan Jepang. Rencananya, ia akan sering mengadakan berbagai acara terkait penggalangan dana yang dilaksanakan di Jepang maupun di Indonesia dengan mengundang perusahaan-perusahaan Jepang.

Nagasawa menjelaskan, saat ini dirinya tengah berkonsentrasi untuk berkomunikasi dengan berbagai perusahaan Jepang yang memiliki cabang di Indonesia. Nagasawa melakukan presentasi untuk menjelaskan tentang Dompet Dhuafa dan aktivitasnya.

“Kami membuat situs Dompet Dhuafa Jepang (www.dompetdhuafa.asia) dan menggunakan situs tersebut untuk menjelaskannya. Hal ini sangat penting karena di Jepang, tidak banyak orang tahu tentang Dompet Dhafa,” ujar Nagasawa.

Lebih lanjut Nagasawa menjelaskan, guna semakin banyak yang terlibat dalam kerelawanan bersama Dompet Dhuafa Jepang, Nagasawa akan membuat wadah kerelawanan.

“Ketika melihat jumlah orang yang menerima manfaat dari kegiatan Dompet Dhuafa, saya mengerti dengan jelas bahwa Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba yang sangat bermanfaat bagi masyarakat tidak hanya Indonesia tetapi juga di seluruh dunia,” ujar Nagasawa. (desi/gie)