hit counter code


Dokter Kecil Binaan Dompet Dhuafa Jadi Penyuluh Kesehatan

Kesehatan, | Wed 11/2014 15:50:22
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Dokter Cilik binaan Dompet Dhuafa saat memberikan penyuluhan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bambu Apus 01, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (Foto: Dokumentasi LKC Dompet Dhuafa)

TANGERANG SELATAN– Peran Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa membentuk kader kesehatan di kalangan siswa sekolah dasar (SD) kini berbuah hasil. Di hadapan ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bambu Apus 01, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten belum lama ini, delapan Dokter Kecil binaan Dompet Dhuafa dari SD tersebut memberikan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dokter Kecil tersebut sudah dibina oleh LKC Dompet Dhuafa sejak dua tahun silam. Selain menjadi penyuluh dalam mengkampanyekan PHBS disekolahnya, Dokter Kecil juga membantu para siswa dalam memperagakan praktek langsung cuci tangan pakai sabun.

Salah satu siswa SD yang terpilih menjadi Dokter Kecil, Reo Kencana(13) mengatakan, bahwa ia senang ditunjuk oleh pihak sekolah untuk menjadi dokter kecil. “Kalau ada yang jatuh, sama pingsan, biasanya kita bawa ke ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah) untuk mendapatkan pelayanan pertama,” ujar siswa yang duduk di kelas 6 SD itu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Bambu Apus 01, Maman mengungkapkan, bahwa siswa yang dipilih menjadi Dokter Kecil itu mayoritas kelas 6 SD. Setiap Dokter Kecil diberikan tugas mengajak siswa lainnya untuk menjaga kebersihan di sekolah.

“Setiap ada kegiatan baik diluar maupun didalam sekolah,biasanya mereka kita terjunkan untuk bantu dibagian kesehatannya,”ungkap Maman.

Maman berharap, sekolahnya terus diikut sertakan dalam program yang digulirkan oleh LKC Dompet Dhuafa, terutama program kesehatan yang dikhususkan untuk sekolah dasar.”Pihak sekolah sangat berterima kasih atas bantuan penunjang sarana kesehatan yang diberikan LKC,” kata Maman seusai menerima bantuan peralatan dan perlengkapan cuci tangan dari LKC Dompet Dhuafa berupa washtafel, keran air serta sabun pencuci tangan untuk siswa didiknya. (gm/mj/gie)