hit counter code


DMC Dompet Dhuafa Siagakan Tim SAR Antisipasi Banjir Jakarta

Kesehatan, | Thu 11/2014 15:05:26
Dompet Dhuafa Post Image
Share

TANGERANG SELATAN—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyiagakan tim Safe and Rescue (SAR)guna mengantisipasi munculnya banjir tahunan yang mulai mengancam wilayah Jakarta. Hal ini menyusul musim hujanyang kembali datang.

"Kami sudah siapkan sejumlah perahu karet termasuk perahu bermesin dan kayak yang siaga di sejumlah wilayah," kata Koordinator Siaga Banjir DMC Dompet Dhuafa, Abdul Aziz di Markas DMC Dompet Dhuafa di Tangerang Selatan, Rabu (26/11).

Ia menyebutkan, tim SAR dengan peralatannya itu disiagakan selama 24 jam di Markas DMC Dompet Dhuafa untuk memantau terus lima lokasi yang menjadi langganan banjir bila hujan turun cukup lebat.

"Itu artinya, tim SAR setiap saat siap diterjunkan ke lapangan bila di air mulai memasuki pemukiman warga," ujar Abdul Aziz.

Sementara itu, Koodinator Pelatihan DMC Dompet Dhuafa, Sanadi menyebutkan pihaknya terus menggelar rangkaian simulasi water rescue untuk meningkatkan kesiapan dalam menanggulangi bencana banjir. Termasuk juga penyiapan dan pelatihan teknik pertolongan di dalam air bagi relawan dari RANITA UIN Syarif Hidayatullah.

“Simulasi kita fokuskan untuk relawan yang akan diturunkan untuk proses evakuasi nantinya bila terjadii banjir di Jakarta,” kata Sanadi.

Ia juga menyebutkan pelatihan juga dimaksudkan untuk memperkuat posko pengendalian banjir. “Kami sekarang sedang mempersiapkan langkah penanggulangan bencana di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Makanya kami kumpulkan relawan untuk ikut water rescue,” ujarnya.

Adapun dalam simulasi water rescue kali ini, relawan diminta belajar mengoperasikan perahu mesin dan mengevakuasi korban yang hanyut di air. Personel dibagi menjadi dua regu utama yakni regu perahu mesin dan perahu kayak. (sigit/gie)