hit counter code


Siapkan Relawan, DMC Dompet Dhuafa Latih Mahasiswa UIN Jakarta

Kesehatan, | Thu 12/2014 13:09:37
Dompet Dhuafa Post Image
Share

TANGERANG SELATAN—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melatih 70 mahasiswa dari Unersitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta guna menyiapkan tenaga relawan di auditorium UIN Syarif Hidayatullah, Rabu (3/12).

"Pelatihan ini dilakukan untuk menyiapkan tenaga relawan terlatih dari lingkungan akademika dalam program pertolongan pertama berbasis masyarakat," kata First Aid Trainner DMC Dompet Dhuafa, Kamelia.

Kamelia menjelaskan, dengan menyiapkan para relawan maka program kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat DMC Dompet Dhuafa bisa semakin baik. Dalam pelatihan tersebut, para relawan diberikan pemahaman mengenai kegiatan promosi kesehatan dan dan pertolongan pertama berbasis masyarakat.Hal tersebut menjadi salah satu andalan program pelayanan DMC Dompet Dhuafa di masyarakat selain program penyelamatan dan evakuasi.

Sementara itu, Trainning Center Manager DMC Dompet Dhuafa, Iskandar Darussalam mengatakan acara ini pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kepentingan organisasi.Pelatihan juga daoat merespon kepentingan masyarakat serta membantu pemerintah dalam menghadapi permasalahan kesehatan terutama mengurangi angka korban yang ditimbulkan oleh dampak bencana alam.

Lebih jauh ia mengatakan dengan perkembangan ini DMC Dompet Dhuafa dituntut untuk lebih meningkatkan peranannya, dengan menggali potensi masyarakat, hingga bisa menyelenggarakan program penanggulangan bencana berbasis masyarakat. (sigit/gie)