hit counter code


Agar Pasien Sehat Rohani, RST Dompet Dhuafa Hadirkan Layanan BRP

Kesehatan, | Fri 12/2014 14:37:32
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Aktivitas Bina Rohani Pasien di RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa. (Foto: Septi/RST Dompet Dhuafa)

BOGOR—Memandang pasien secara utuh tidak hanya memberikan pelayanan dengan mengutamakan aspek fisik dan jasmani saja namun juga secara ruh dan jiwa. Sebab itu, RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa hadirkan layanan BinaRohani Pasien (BRP) setiap hari,

Salah satu petugas BRP RST Dompet Dhuafa, Ustaz Hasan menegaskan, pentingnya pembinaan rohani kepada pasien. Apalagi RST Dompet Dhuafa telah mencanangkan RST Cinta Ibadah.

“Selain pengobatan fisik, pengobatan secara spiritual juga perlu diberikan, sehingga pasien dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, akan lebih baik jika pada akhirnya dapat menghadapi sakaratul maut dengan khusnul khotimah,” ucapnya.

Kegiatan bina rohani untuk pasien pun dilakukan setiap hari dengan maksimal 3 kali pertemuan yang terfokus di unit rawat inap. Materi yang diberikan juga bervariasi seperti tata cara tentang salat saat sakit serta doa-doa penyejuk hati.

Respon positif atas kegiatan ini pun diberikan oleh pasien dan keluarganya, tak terkecuali Hamid (62) yang ditemui oleh Ustaz Hasan Jumat (5/12). Hamid mengaku lebih nyaman dan tenang setelah mendapatkan pembinaan rohani di RST Dompet Dhuafa.

“Saya telah bertemu dengan Ustaz Hasan selama 5 kali selama 2 bulan dirawat di sini. Alhamdulillah saya merasa senang karena bisa mendapatkan bimbingan spiritual serta motivasi atas penyakit stroke yang saya diderita,” ucap Hamid.

Hamid juga menambahkan bahwa semangatnya untuk sembuh serta lebih dekat dan mengingat Allah selalu bertambah setelah mendapatkan pembinaan rohani.

“Semoga kegiatan ini dapat dipertahankan, selain itu akan sangat baik jika tim medis seperti perawat dan dokter yang bertugas juga dapat menyisipkan sedikit pembinaan rohani di sela-sela aktivitasnya, seperti mengingatkan salat dan lain sebagainya, ” tutup Ustaz Hasan. (tie/yhm/gie)