hit counter code


Dompet Dhuafa Gelar Aksi Layanan Sehat Bagi Warga Korban Banjir Bandung

Kesehatan, | Tue 12/2014 16:47:30
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BANDUNG- Bencana banjir yang melanda wilayah Bandung Selatan sejak pekan lalu kini mulai berangsur surut. Namun, berbagai macam keluhan penyakit seperti gatal-gatal, peradangan kulit, flu, pusing, dan demam akibat dampak bencana tersebut mulai dirasakan banyak warga baik yang berada di posko pengungsian maupun yang bertahan di rumah.

Atas kondisi tersebut, Dompet Dhuafa melalui tim kesehatan Klinik Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) bersinergi dengan Puskesmas setempat menggelar Aksi Layanan Kesehatan (ALS) di beberapa titik posko pengungsian yang berada di Kelurahan Baleendah, Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (30/12).

“Untuk aksi layanan sehat ini kita telah memasuki hari kedua. Kita masih menunggu koordinasi, bila masih banyak para pengungsi yang membutuhkan pengobatan, kita akan lanjutkan aksi,” ujar Juli, salah satu tim relawan kemanusiaan Dompet Dhuafa.

Lebih lanjut, Juli menuturkan, beberapa aksi layanan sehat yang diberikan untuk warga korban banjir di antaranya, pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan tensi darah, konsultasi masalah kesehatan bersama tim medis Dompet Dhuafa dan Puskesmas, serta pemberian obat-obatan.

“Sejak hari kemarin, sekitar puluhan warga sudah mendapatkan layanan kesehatan dari aksi ALS ini, baik dari warga yang berada di posko pengungsian, maupun yang masih bertahan di rumah,” jelasnya.

Juli menuturkan, sejauh ini belum ada keluhan warga terkait penyakit serius yang dialami. Bilamana ada warga yang gangguan kesehatannya semakin buruk dan melemah, tim relawan kemanusiaan Dompet Dhuafa akan membantu merujuk ke rumah sakit terdekat. Hingga kini, suplai obat-obatan untuk kegiatan ALS ini merupakan bantuan dari Klinik Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa.

Merespon bencana banjir yang terjadi di wilayah Bandung Selatan, Sejak Selasa pagi (23/12), Dompet Dhuafa telah mendirikan beberapa fasilitas umum untuk membantu warga dalam kebutuhan sehari-hari seperti posko dapur umum, posko hangat, dan mendistribusikan paket nasi bagi para pengungsi.

Sebanyak 7 kecamatan antara lain Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, dan Andir, di Bandung Selatan, Jawa Barat, terendam banjir akibat hujan yang terus-menerus melanda wilayah tersebut hingga membuat sungai Citarup meluap pada Sabtu (20/12) lalu. (uyang)