hit counter code


Tahun 2015, Barzah Fokuskan Penyempurnaan pada Program Layanan

Kesehatan, | Mon 01/2015 13:53:47
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Kita mengetahui bahwa Islam mengajarkan bahwa muslim yang satu dengan muslim yang lain adalah bersaudara. Indahnya persaudaraan sesama muslim tidak hanya tampak pada saat ketika seorang muslim tersebut masih bernyawa saja. Islam juga mengajarkan bagaimana seorang muslim memperlakukan saudaranya yang telah wafat, utamanya melalui pemulasaran jenazahnya.

Mengingat betapa pentingnya pemulasaran jenazah dalam ajaran Islam, Dompet Dhuafa melalui Program Barzah (Badan Pemulasaran Jenazah) berupaya memfokuskan pemulasaran jenazah untuk umat Islam, secara gratis bagi fakir miskin (penerima manfaat).

“Karena, tidak ada manusia satupun yang apabila meninggal dunia kemudian berangkat sendiri menuju liang kuburnya. Tentu saja hal ini adalah menjadi kewajiban bagi orang yang masih hidup, terutama keluarga yang ditinggalkannya untuk mengurusnya sampai menguburkannya,” ujar Madroi, Manager Program Barzah Dompet Dhuafa.

Berdiri pada Juli 2012, Barzah sendiri memiliki beberapa program besar di antaranya, program Layanan Antar Jemput Jenazah, Quick Respon, dan Santunan Paket Kain Kafan. Selain itu, layanan posko di sekitar Jabodetabek, dan mampu melayani hingga ke beberapa wilayah seperti Jawa Timur, Lampung, dan Palembang.

Madroi menuturkan pada tahun ini, Barzah akan lebih memfokuskan pada penyempurnaan layanan secara maksimal mulai dari, menjemput jenazah, memandikan, mengkafani, sholat jenazah, dan proses pemakaman.

“Untuk layanan maksimal kami juga menempatkan posko Barzah di beberapa titik wilayah Jabodetabek, agar layanan kami mudah dan cepat direspon,” pungkasnya. (uyang)