hit counter code


Jadi Relawan LKC Dompet Dhuafa, Marnah : “Bertekad Ingin Berkiprah hingga Tutup Usia”

Kesehatan, | Tue 01/2015 14:08:26
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Usianya memang semakin sepuh. Namun, semangatnya untuk terjun dalam bidang kerelawanan sosial begitu terlihat dari sosok Marnah, seorang kader posyandu yang juga relawan Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa. Bagi perempuan berusia 68 tahun ini, menjadi relawan dalam bidang kesehatan merupakan bentuk pengabdiannya kepada nusa, bangsa, dan agama.

“Sampai menutup usia saya, Insya Alloh saya akan membantu masyarakat” ujarnya saat sedang bertugas di kantor Pusat Informasi TB Masyarakat (PIT MAS) LKC, Kampung Cibentang RT 01 RW 03, Desa Cibentang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Desember lalu.

Sejak menggeluti dunia kerelawanan, Marnah jarang menghabiskan waktunya di rumah. Pasalnya, ia kerap dimintai tolong oleh warga untuk mengantarkan salah satu warga yang sedang sakit untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat.

“Kalau malam sedang tidur nyenyak, saya sudah terbiasa dibangunin sama masyarakat, ada yang mau lahiran atau orang sakit pasti datangnya ke rumah saya”

Aktivitas kemanusiaan Marnah yang begitu padat, membuat suami dan ke 3 orang anaknya sudah terbiasa dan memakluminya. Bahkan pernah satu waktu, ketika ia baru saja pulang mengantarkan pasien dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo(RSCM), ia harus berangkat lagi ke rumah sakit lain guna keperluan yang sama, mengantar pasien yang saat itu mengalami sakit parah.

“Saya merasa hilang capek sama pusingnya kalau ngeliat pasien yang saya urusin sembuh, mereka biasanya sangat berterima kasih banget sama kita yang sudah ngerasa dibantu,“ Ujar Mamah Item sapaan akrab dari Marnah.

Marnah yang saat ini juga aktif terlibat dibanyak kegiatan Program LKC Dompet Dhuafa terutama dalam menangani masalah penyakit Tuberculosis (TB) itu tak pernah mengeluh dalam melaksanakan kegiatan sosialnya, dalam kondisi apapun, marnah selalu berusaha memenuhi keperluan masyarakat selagoi ia mampu. Ibu yang memiliki hoby senam itu berharap ia selalu sehat dan memiliki waktu yang luang, sehingga ketika ada warga yang membutuhkan ia akan sigap membantu dan melayani warganya.

“Sewaktu saya sehat dan saya bisa, Insya Alloh saya membantu masyarakat” Ungkapnya pada Staff Media LKC Dompet Dhuafa

Marnah hanyalah seorang perempuan biasa yang memiliki tekad dan semangat yang kuat membantu warganya yang kurang mampu. Bahkan keaktifannya yang sudah 15 menjadi kader Posyandu dan 4 tahun menjadi Relawan LKC Dompet Dhuafa itu sangat diakui peranannya dimasyarakat oleh Kepala Desa Cibentang, Hasanudin. (muktar/uyang)