hit counter code


Antisipasi Banjir Jakarta, DMC Dompet Dhuafa Siapkan Posko Wilayah

Kesehatan, | Tue 01/2015 14:29:34
Dompet Dhuafa Post Image
Share

TANGERANG SELATAN—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyiapkan posko di beberapa wilayah sebagai langkah antisipasi banjir di Jakarta. Hal ini menyusul kondisi Indonesia, khususnya Ibu Kota, yang telah memasuki musim penghujan di bulan Januari ini.

“Setiap tahun saat musim penghujan di bulan Januari ini, Jakarta hampir dipastikan banjir karena letak geografisnya dataran rendah dan dilalui belasan sungai. Menyiapkan posko di beberapa wilayah salah satu respon antisipasi kita,” ujar Direktur DMC Dompet Dhuafa, Asep Beny di kantor DMC Dompet Dhuafa, Tangerang Selatan, Selasa (13/1).

Lebih lanjut Asep menjelaskan, langkah antisipasi tersebut dilakukan DMC Dompet Dhuafa sejak dua bulan yang lalu. Tim DMC Dompet Dhuafa terjung langsung ke wilayah yang akan menjadi posko penanganan banjir Jakarta.

“Kita silaturahim langsung ke warga. Aktivitas persiapan posko wilayah tersebut antara lain menyiapkan relawan setempat, mendata kebutuhan apa saja yang dibutuhkan saat menghadapi banjir,” kata Asep.

Materi mengenai Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tidak luput menjadi bagian aktivitas. Tim DMC Dompet Dhuafa mensosialiasikan langsung materi PRB, seperti siklus bencana, manajemen posko, dan berbagai aktivitas mengurangi risiko bencana lainnya kepada warga.

Sejauh ini, sebanyak empat wilayah di Jakarta telah siap sebagai posko DMC Dompet Dhuafa bila banjir melanda Jakarta. Empat wilayah tersebut yakni Rawa Buaya (Jakarta Barat), Cawang (Jakarta Timur), Tebet (Jakarta Selatan), dan Kampung Pulo (Jakarta Timur).

Tidak hanya Jakarta, DMC Dompet Dhuafa juga menyiapkan posko mengantisipasi banjir di Periuk (Tangerang), Muara Gembong (Bekasi), Babelan (Bekasi), Karawang, dan Indramayu.

“Di muara gembong kita buat dua buah perahu sebagai persiapan antisipasi banjir karena medannya pesisir,” terang Asep. (gie)