hit counter code


Melalui Pos Sehat, Dompet Dhuafa Mudahkan Akses Layanan Kesehatan Bagi Dhuafa

Kesehatan, | Tue 01/2015 16:09:17
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Memberdayakan kaum dhuafa memang menjadi tugas yang sangat mulia. Namun, semua itu bukanlah pekerjaan mudah. Melainkan, pekerjaan dengan banyak tantangan serta harus berkesinambungan. Mengatasi segala macam problematika dalam kehidupan, memerlukan komitmen kuat.

Sehat memang tidak murah. Masih banyak masyarakat kita yang masih kesusahan untuk berobat atau sekedar mengetahui kondisi kesehatannya. Faktor ekonomi yang lemah menjadi salah satu alasan terbesar susahnya mendapat layanan kesehatan yang layak bagi masyarakat kurang mampu. Untuk itu, segala upaya dan usaha terbaik harus dibutuhkan, agar kesulitan kaum dhuafa mampu teratasi.

Berbagai program dalam bidang kesehatan pun telah digulirkan pemerintah, namun faktanya masih banyak masyarakat, khususnya yang tinggal di desa-desa terpencil masih kesulitan dalam memperoleh akses dan fasilitas kesehatan. Atas problematika yang terjadi, Dompet Dhuafa sebagai lembaga zakat yang telah bergerak dalam bidang kemanusiaan selama 20 tahun lebih, berupaya menghadirkan berbagai program kesehatan yang ditujukan untuk membantu masyarakat dhuafa.

Pos Sehat merupakan salah satu program yang dibuat oleh Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Puskesmas daerah setempat. Hal ini ditujukan untuk mendekatkan akses kesehatan kepada masyarakat. Selama tahun 2014, Pos Sehat telah hadir di beberapa wilayah di antaranya Jabodetabek, Sumatera Barat, Bogor, Sukabumi, Yogyakarta, dan beberapa wilayah lainnya.

Selain itu, Dompet Dhuafa cabang Yogyakarta baru-baru ini telah meresmikan Pos Sehat di Dusun Kersan, Triwidadi, Pajangan, Bantul. Sebelumnya juga telah dibuka Pos Sehat di beberapa wilayah di antaranya, Secang, Sidomulyo, Pengasih, Kulon Progo, Ngentakrejo, Lendah, dan Bendo.

“Pos Sehat di Dusun Kersan bertempat di salah satu rumah warga, yakni Bapak Slamet Riyanto, yang juga merupakan Kepala Desa wilayah ini. Semoga pos sehat ini mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan,” ujar Bambang Edi Prasetyo, Manager Pendayagunaan Dompet Dhuafa Jogja.

Bambang menuturkan, Pos Sehat Dusun Kersan ini juga bermitra dengan Puskesmas setempat, dalam mendekatkan akses kesehatan kepada masyarakat. Masyarakat menyambut dengan antusias adanya Pos Sehat. Hal ini ditujukan dengan cukup banyaknya masyarakat yang memeriksakan kesehatan pasca acara peresmian.

“ Kurang lebih 30 orang warga hadir dan memeriksakan kesehatannya. Semoga Pos Sehat Pajangan ini dapat membantu masyarakat menjadi lebih sehat dan berparadigma sehat,” harapnya. (uyang)