hit counter code


Lewat Program Pendampingan Sekolah, Dompet Dhuafa Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kesehatan, | Wed 01/2015 17:07:23
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Peluncuran Program Pendampingan Sekolah di Madrasah Iftidaiyah (MI) Al-Fatah Cileungsi, Bogor akhir tahun 2014 lalu. (Foto: Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa)

Oleh: Gie

Kualitas manusia sebuah bangsa salah satunya dapat dinilai dari seberapa jauh kualitas pendidikannya. Semakin baik kualitas pendidikan sebuah bangsa, umumnya semakin berkualitas pula manusia bangsa tersebut.

Membangun pendidikan berkualitas sendiri terdiri dari berbagai elemen. Beberapa elemen tersebut di antaranya adalah manajemen pendidikan (sekolah) dan kualitas pendidik atau guru.

Dua elemen itulah yang dinilai oleh Dompet Dhuafa menjadi fokus intervensi dalam program Pendampingan Sekolah. Pendampingan Sekolah merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas sekolah melalui proses pendampingan yang dilakukan secara intensif dan integratif.

Program yang dikelola Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa ini memiliki target untuk memperbaiki efektivitas manajemen sekolah dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pendampingan sekolah ini dilaksanakan antara satu hingga tiga tahun. Diharapkan dari program pendampingan ini sekolah dapat menjadi model dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik siswa.

Pendampingan sekolah ini akan berjalan efektif dengan ditunjang oleh pengembangan jaringan komunikasi dan sinergi ke seluruh stakeholders. Program dikembangkan melalui koordinasi dengan berbagai pihak, seperti komite sekolah, masyarakat, pemerintah, dan donatur.

Program pendampingan sekolah yang selama ini telah berjalan selalu dikaitkan dengan suatu tema kekhasan. Setidaknya telah ada 6 tema kekhasan yang pernah dikembangkan, seperti Sekolah Beranda Indonesia, Sekolah Berwawasan Lingkungan, Sekolah Berdaya, Sekolah Cerdas Literasi, Sekolah Literasi Aplikatif, dan Sekolah Unggul.

Dalam pelaksanaan program, Dompet Dhuafa juga bersinergi dengan beberapa perusahaan melalui dana Corporate Social Responsibiluty (CSR). Seperti akhir tahun 2014 lalu, Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa bekerja sama dengan CIMB Niaga Syariah dalam Program Pendampingan Sekolah di Madrasah Iftidaiyah (selevel sekolah dasar) Al-Fatah Cileungsi, Bogor.

“Alhamdulillah saya mewakili guru-guru Al-Fatah sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya bantuan ini dan setelah kami mendapatkan program pendampingan, kami berharap mempunyai output positif bagi anak-anak didik agar menjadi generasi berakhlakul karimah dan berkualitas,” tutur Syarifah Hidayah, Kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah saat peluncuran program pada akhir Desember 2014 lalu.

Program ini diharapkan mampu mengubah cara pandang para guru dalam menjawab tantangan-tantangan yang muncul pada proses pembelajaran. Sasaran akhirnya adalah terwujudnya sekolah berstandar nasional yang memiliki peserta didik berkualitas dan berkarakter.

“Kami berterima kasih juga kepada CIMB Niaga Syariah dan Dompet Dhuafa yang mau berkontribusi dan mendukung program pendidikan Islam khususnya pada madrasah-madrasah yang ada. Program Pendampingan Sekolah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Ahmad Zubaidi, Pembina Yayasan Al-Fatah.

Pogram Pendampingan Sekolah direncanakan berlangsung mulai Januari hingga Juni 2015, para guru juga diberikan sesi pembinaan (coaching) dan pendampingan (mentoring) untuk memastikan para peserta dapat menerapkan materi pelatihan dengan benar di dalam kelas. Hal ini juga bertujuan untuk menjamin keberlangsungan implementasi program serta memastikan program ini memberikan manfaat positif bagi para peserta didik di sekolah.