hit counter code


Berbagi Pengetahuan Islami, Dompet Dhuafa Gelar Kajian Keagamaan dengan Para Donatur

Kesehatan, | Sat 01/2015 21:20:41
Dompet Dhuafa Post Image
Share

 

JAKARTA- Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari donatur yang juga merupakan jamaah haji dan umroh Dompet Dhuafa mengikuti Kajian Majelis AR-Raudhah Islamic Learning Center. Dengan mengusung tema ‘Keberkahan Harta dengan ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf)’,  kajian islam ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Travel pada Sabtu, (31/1), di Gedung Philantrophy Building, Jakarta.

Dalam kajian rutin tersebut, Ustad Ahmad Shonhaji, dari Dompet Dhuafa, berkesempatan memberikan tausiyah kepada para jamaah. Dalam tausiyahnya,  zakat menjadi satu kewajiban bagi seorang muslim yang diberikan kelebihan harta untuk berbagi kepada kaum Dhuafa. Sehingga kewajiban berzakatpun menjadi salah satu pilar dalam rukun Islam.

Begitu banyak kebaikan yang mengalir dalam diri setiap muslim yang berzakat. Rasa keimanan seseorang kepada Allah Swt semakin meningkat. Kepekaan dan rasa empati terhadap sesama khususnya kaum dhuafa pun akan muncul, sehingga sebagai makhluk sosial, kelak akan tumbuh rasa saling berbagi dan peduli dengan lingkungan sekitarnya juga dengan kaum dhuafa.

“Ada hak seorang muslim pada zakat yang dimiliki seseorang. Dengan berzakat, insya Allah akan memberi keberkahan pada kita dalam bekerja dan menjalani kehidupan ini,” paparnya menjelaskan.

Lebih lanjut Shonhaji menjelaskan, setiap muslim juga harus mengetahui setiap harta yang dimiliki apakah sudah dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk jalan kebaikan. Dalam firman Allah Swt,  ‘Dan belanjakanlah di jalan Allah dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan (QS.Al-Baqarah: 195).

“Kadang masih banyak dari kita yang belum tahu, manfaat apa yang ditebarkan dari harta yang kita punya? Kita tebarkan untuk dijalan Allah atau sebaliknya? Jelas dalam ayat tersebut kita diperintahkan untuk mendayagunakan harta yang kita miliki dengan sebaik mungkin,” pesannya.

Selain itu, Danar Dona, Manager Customer Relation Management (CRM) Dompet Dhuafa menuturkan, kegiatan kajian Islam majelis AR-Raudhah ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan islami dalam segala bidang, juga menjaga silaturahim antara para donatur dengan Dompet Dhuafa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan program-program pemberdayaan Dompet Dhuafa yang telah bergerak dalam bidang kemanusiaan lebih dari 20 tahun ini.

Rencananya, kegiatan kajian ini akan rutin digelar pada minggu ke 4 setiap bulannya. Dengan mengusung tema sesuai dengan kegiatan tematik, kajian rutin ini akan bersinergi dengan Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa).

“Insya Allah, akan bekerjasama juga dengan para Dai Cordofa, untuk menjadi narasumber dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (uyang)