hit counter code


Dompet Dhuafa USA Giatkan Pemberdayaan Ekonomi Komunitas Imigran

Kesehatan, | Mon 02/2015 14:18:09
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PHILADELPHIA—Dompet Dhuafa United State of America (DD USA) tengah menggiatkan kegiatan-kegiatan pemberdayaan ekonomi komunitas di Amerika Serikat. Komunitas imigran menjadi fokus pemberdayaan DD USA.

“Kami mendampingi siapa saja untuk memulai bisnis mulai dari pendampingan untuk mendapatkan perizinan, bantuan permodalan, dan pendampingan manajemen, keuangan, dan pajak,” ungkap Koordinator Microbusiness Development Center (MDC) DD USA, Hany Desiyanti saat gelaran diskusi usaha mikro bersama kelompok Community Savings Group, Ahad (1/2) di Philadelphia, USA.

Hany menuturkan, program pemberdayaan tersebut diharapkan memperkuat berbagai komunitas imigran baru di Amerika Serikat. Sementara, dalam gelaran diskusi yang menghadirkan perwakilan dari Departemen Perdagangan Philadelphia Samuel Chueh tersebut, bertujuan mendapatkan gambaran dan masukan mengenai usaha mikro di Amerika Serikat terutama di Philadelpia.

Dalam paparannya, Samuel mengaatakan Philadelphia adalah kota yang ramah terhadap para pengusaha yang ingin memulai dan mengembangkan usahanya. “Philadelphia memiliki banyak insentif bagi mereka yang mau memulai bisnisnya di sini,” kata Chueh.

Insentif yang diberikan berupa pinjaman lunak (forgivable loan), hibah untuk peralatan toko dan kantor, dan pemotongan pajak untuk koridor-koridor tertentu.

“Ada beberapa zona dan koridor pemberdayaan ekonomi. Jika Anda memiliki bisnis di kawasan-kawasan berpenghasilan rendah, maka kami juga memiliki insentif-insentif khusus untuk itu,” kata Chueh. Pemerintah kota Philadelphia juga mengupayakan keamanan bisnis dengan memberikan hibah kamera pengamat (surveillance camera) yang langsung terhubung dengan kantor polisi.

Selain itu, Philadelphia adalah sangat mendorong usaha-usaha mikrobisnis. Pemerintah kota menggandeng Zip Kiva, sebuah organisasi non-profit yang menggunakan crowd-funding untuk mendukung mikrobisnis.

“Saat ini ada sekitar lebih dari 30 organisasi yang menjadi trustee Zip Kiva di Philadelphia,” ujar Allysa Thomas, Manajer Program Zip Kiva dari kota Philadelphia yang juga hadir dalam diskusi. Thomas juga menjelaskan bahwa mendapatkan pinjaman bisnis di Zip Kiva sangat mudah, yaitu dengan mendaftar di website Zip Kiva dan membuat akun Paypal. Semua transaksi akan dilakukan lewat Paypal.

Philadelphia memang salah satu kota besar dan penting di pantai timur Amerika Serikat. Terletak di antara New York dan Washington DC menjadikan Philadelphia menjadi salah satu kota perdagangan dan bisnis. Ditambah lagi Philadelphia adalah kota kelima terbesar di Amerika Serikat yang sangat ramah terhadap para imigran baru. Salah satunya para imigran dari Indonesia. (haryo/gie)