hit counter code


Komunitas Ibu Sehat untuk Peduli Gizi Anak

Kesehatan, | Fri 02/2015 13:59:15
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Layanan Kesehatan Cuma – Cuma (LKC) Dompet Dhuafa membentuk Komunitas Ibu Sehatdi Desa Iwul, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada awal Februari lalu. Gerakan yang mengangkat slogan Gizi Seimbang, Indonesia Cemerlang ini dimaksudkan agar para ibu, khususnya yang memiliki anak balita, dapat memahami dan mengutamakan kepentingan makanan bergizi bagi anak-anaknya.

Program ini diselenggarakan mengingat usia balita merupakan usia emas dalam tumbuh kembangnya anak. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Ahli Gizi LKC Dompet Dhuafa Meyta Winduka. Lebih lanjut Meyta mengungkapkan, program yang dilakukan disetiap Posyandu itu diharapkan agar masyarakat mulai menyadari bahwa pemberian asupan gizi yang baik pada anak akan mempengaruhi perkembangan otak anak.

“Kita di sini akan mengkampanyekan tentang budidaya pangan lokal, Desa Iwul merupakan wilayah penghasil ikan lele yang cukup tinggi, cuman kebanyakan masyarakat belum menyadari bahwa ikan sangat tinggi kandungan gizinya, terdapat juga asam lemak DHA juga proteinyang baik untuk perkembangan otak anak, ” ungkap Meyta saat ditemui usai memberikan penyuluhan kepada warga Desa Iwul belum lama ini.

Berdasarkan data yang ditemui, Meyta mengatakan, di Desa Iwul terdapat jumlah balita yang cukup banyak, namun kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi masih relatif minim. Walaupun ketersediaan bahan konsumsi gizi untuk diwilayah tersebut sangat memadai, namun pemanfaatannya belum dilakukan secara optimal

“Hal ini yang menjadi pendorong LKC Dompet Dhuafa membentuk sebuah komunitas ibu sehat, dengan harapan masyarakan sekitar menyadari bahwa mereka memiliki potensi yang besar untuk menyediakan asupan gizi yang baik bagi balita,” tandas Meyta.

Program yang yang disambut antusias oleh warga setempat mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama petugas kesehatan Desa Iwul. “Dompet Dhuafa programnya sangat bagus sekali, saya selaku bidan desa sangat terbantu dengan berbagai program yang sudah dilakukan di sini, ”ujar Rusniarti yang bertugas sebagai bidan di Desa Iwul.

Senada dengan yang diungkapkan Rusniarti, salah satu Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Upeh (37) juga menyampaikan rasa terima kasih atas berbagai program yang telah digulirkan di wilayahnya.

Sementara itu Penanggung Jawab Program Komunitas Ibu Sehat di Desa Iwul, Novami Lestari Rahayu mengungkapkan bahwa program tersebut digulirkan mengingat Desa Iwul merupakan salah satu desa binaan yang masuk dalam Zona Sehat.

“Kita akan rutin datang, kita akan bersama-sama dengan berbagai pihak berupaya mengentaskan taraf kesehatan menuju kualitas kesehatan yang baik, terutama untuk balitanya,” katanya. (gm/mj/gie)