hit counter code


Longsor Cianjur, DMC Dompet Dhuafa Bantu Kebutuhan Dapur Umum Pengungsi

Kesehatan, | Fri 02/2015 14:27:44
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CIANJUR—Disaster Managament Center (DMC) Dompet Dhuafa mendukung operasional dapur umum yang telah didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur dan masyarakat merespon longsor yang terjadi. Dapur umum beroperasi di lokasi pengungsian yang berada di Balai Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Semua pekerja yang memasak dapur umum itu merupakan relawan dan masyarakat. Untuk bahan-bahan dapur umum dari BPBD Kabupaten Cianjur dan pihak DMC Dompet Dhuafa,” kata Koordinator Respon Bencana Longsor Cianjur DMC Dompet Dhuafa Yusmanto saat dihubungi di Sukamahi, Kabupaten Cianjur, Rabu (4/2).

Ia juga mengatakan, pada pembukaan dapur umum itu nantinya petugas bergerak cepat untuk menyalurkan makanan kepada warga yang mengungsi akibat longsor. Pemerintah daerah juga berkomitmen mengutamakan penanggulangan bencana agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kelaparan.

“Kami menyediakan ratusan nasi bungkus itu, selain warga korban longsor juga relawan,” katanya.

Dari pantauan tim relawan DMC Dompet Dhuafa, pergeseran tanah ini terjadi sejak Rabu (28/1/) lalu, hingga kini telah merusak 86 unit rumah warga, 22 diantaranya rusak berat. Tak hanya rumah, pergeseran tanah pun merobohkan sejumlah fasilitas umum. Jalan Kabupaten sepanjang 200 meter yang menghubungkan Kecamatan Sukaresmi dengan Cikalongkulon ambles. Sebanyak 93 kepaka keluarga atau 363 jiwa harus mengungsi di Balai Desa Sukamahi. (tih/gie)