hit counter code


Menzakati Sukuk

Kesehatan, | Wed 02/2015 10:08:20
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Pertanyaan:

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Mau tanya zakat jika kita memiliki SUKUK dimana jatuh temponya 3 tahun. Apakah untuk tahun 1 & 2 dihitung dari bagi hasilnya saja sedangkan tahun baru berikut nilai pokoknya. Mohon pencerahannya.

Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Rusdi J

Jawab:

Wa'alaikumsalamsalamwarahmatullahiwabarakatuh

Semoga Allah senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.

Sukuk (bahasa arab) atau obligasi ada dua jenis. Jenis yang konvensional atau lebih dikenal dengan istilah obligasi, penanam modal hanya menzakati pokoknya setiap tahun.Sedangkan sukuk (obligasi) yang berbasis pada akad syariah, maka untuk menghitung zakatnya harus dilihat pada akadnya (perjanjiannya).

Beberapa akad dalam sukuk yang perlu menjadi perhatian dalam zakat:

Pertama: bila perjanjiannya adalah ijarah (sewa menyewa) maka zakat hanya dikeluarkan dari keuntungannya saja menurut sebagian ulama. Sedangkan sebagian ulama yang lain berpendapat dikeluarkan dari pokok dan keuntungan. Sedangkan sebagian ulama lain, di antaranya syaikh yusuf Al-Qardhawi dan Syaikh Ali Qurrah Daghi berpendapat dari keuntungannya saja, namun nishab dan kadar yang dikeluarkan sama dengan pertanian (nishabnya 653 kg beras atau sekitar 4 juta dan kadar yang dikeluarkan adalah: 10 persen). Zakat dikeluarkan saat menerima hasil sewa atau keuntungan sukuk.

Kedua: bila akadnya adalah mudharabah (investasi sebagai pemodal) atau pun musyarakah maka zakat dikeluarkan dari nilai pokok dan keuntungan. Zakat dikeluarkan setiap tahun. Apabila tidak bisa cair pada waku wajib berzakat dan tidak ada dana untuk membayarnya maka ia bisa mengeluarkan saat cair dengan merapel zakat yang belum dikeluarkan pada tahun yang sebelumnya.

Wallahu a’lam