hit counter code


Terkena Bronkopneumonia, Bayi Rangga Membaik Usai Dirujuk ke RST Dompet Dhuafa

Kesehatan, | Thu 02/2015 10:07:51
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Rangga digendong sang Ibu, Desi di RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa. (Foto:Septi/RST Dompet Dhuafa)

Tampak wajah sumringah ibu dua anak ini ditemui di ruang rawat inap anak RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa, Bogor, Kamis (5/2) lalu. Sambil menggendong putra bungsunya Rangga (2 bulan), Desi menunggu sang suami yang berada di apotek untuk mengambil obat sang anak lantaran telah diperbolehkan untuk rawat jalan.

Desi yang sempat pasrah terhadap kondisi kesehatan Rangga pun saat ini hanya bisa mengucap syukur. “Alhamdulillah kondisinya sekarang sudah membaik dan diperbolehkan rawat jalan,” ucap Desi.

Rangga yang didiagnosa menderita Bronkopneumonia ini sempat mengalami keadaan yang mengkhawatirkan. Bronkopneumonia merupakan infeksi sekunder yang biasanya disebabkan oleh virus penyebab Bronchopneumonia yang masuk ke saluran pernafasan sehingga terjadi peradangan broncus dan alveolus. Inflamasi bronkus ditandai adanya penumpukan sekret, sehingga terjadi demam, batuk produktif, ronchi positif dan mual.

“Saya pikir hanya batuk biasa, tapi semakin kesini kayanya kok enggak sembuh-sembuh, akhirnya saya bawa ke dokter 24 jam dan disarankan untuk segera dirujuk ke rumah sakit,” kata Desi.

Mendengar saran dokter, sang suami pun sempat menolak untuk merujuk Rangga ke rumah sakit dengan alasan keterbatasan biaya. Desi dan suami pun bingung mau dibawa ke rumah sakit mana Rangga.

“Namun akhirnya berkat saran teman, kami mencoba bawa Rangga ke RST Dompet Dhuafa,” ungkap Desi.

Tiba di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RST dengan kondisi bibir membiru, panas tinggi, serta batuk pasca ditangani kedaruratannya, Rangga yang membutuhkan fasilitas ruang perawatan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) pun disarankan untuk dirujuk kembali karena ketidaktersediaan fasilitas tersebut di RST.

“Alhamdulillah bisa disurvei cepat saat itu hingga akhirnya Rangga dapat segera masuk ruang PICU salah satu rumah sakit swasta di Bogor,” ucap Desi.

Lima hari berada di ruang PICU kondisi Rangga pun semakin membaik, hingga akhirnya pada Senin lalu Rangga dialihrawat ke ruang rawat inap anak RST Dompet Dhuafa.

“Kami berikan antiobiotik, inhalasi, serta terapi untuk dadanya selama alih rawat di RST. Melihat kondisi sudah membaik, dokter spesialis anak pun memperbolehkan Rangga untuk rawat jalan hari ini,” ucap perawat ruangan. (tie/gie)