hit counter code


Di Posko Pengungsian Dompet Dhuafa, Personil TNI Bantu Aktivitas Dapur Umum

Kesehatan, | Fri 02/2015 13:23:41
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Salah seorang personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut membantu aktivitas dapur umum di posko pengungsian Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa di Tangerang. (Foto: Ichan/DMC Dompet Dhuafa)

TANGERANG—Penanganan banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya mengundang respon berbagai pihak, mulai dari pemerintah, lembaga kemanusiaan, komunitas masyarakat, hingga kelompok masyarakat. Tentara Nasional Indonesia (TNI) pun tidak luput membantu para warga terdampak banjir.

Hal tersebut seperti yang terlihat di posko pengungsian Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa di Masjid Al Mujahidin, Kelurahan Gembor, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Banten. Personil TNI Komando Rayo Militer (Koramil) 18 Jati Uwung turut membantu aktivitas dapur umum menyiapkan makanan untuk sekitar 450 pengungsi.

“Ada 25 orang personil TNI dari Koramil 18 Jati Uwung yang kami turunkan di posko pengungsian Masjid Al Mujahidin ini. Kami turut membantu mendirikan posko dan aktivitas dapur umum,” ungkap Kapten Jauhari dari Koramil 18 Jati Uwung, Jumat (13/2).

Jauhari menuturkan, jajarannya telah bersiap siaga dan bergerak sejak Ahad Malam (8/2) dalam merespon banjir. Mereka pun bersama dengan berbagai lembaga kemanusiaan lainnya seperti DMC Dompet Dhuafa mengevakuasi warga.

“Untuk saat ini kami berkoordinasi dengan pejabat wilayah setempat menyiapkan mesin pompa air lantaran sudah mulai agak surut di beberapa titik. Setelah itu akan ada pembersihan,” ungkap Jauhari.

Menurut Jauhari, dalam penanganan bencana seperti banjir, sinergi antarberbagai pihak harus dilakukan. Ia pun mengapresiasi adanya lembaga kemanusiaan seperti Dompet Dhuafa yang turut membantu meringankan kesulitan para pengungsi.

“Harus dilakukan seperti itu. Harus kerja sama. Saat ini sudah berjalan baik,” katanya. (gie)