hit counter code


Tetap Saling Dukung dalam Mengentaskan Buta Quran

Sosial, Dakwah, Nasional, | Thu 05/2016 10:51:23
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CIPUTAT – Dua tahun sudah Dompet Dhuafa berkolaborasi bersama Cinta Quran dan artis Muslim Indonesia Peggy Melati Sukma, dalam program Amazing Muslimah. Program Amazing muslimah yang bergulir sejak tahun 2014 ini merupakan salah satu program yang diprakarsai oleh artis Peggy Melati Sukma.

Terealisasinya program ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan akan banyaknya jumlah muslim di Indonesia yang masih buta aksara Quran. “Jadi program ini memang sebuah wujud keprihatinan dari mbak Peggy melihat masih ada 53,8 % muslim di Indonesia belum dapat membaca Al Quran,” ungkap Mariana Suci Swastika, Spesialis Fundraising Dompet Dhuafa.

Menjadi salah satu bagian dari tim pelaksana program Amazing muslimah, Tika juga mengatakan bahwa program ini merupakan sebuah gerakan dalam membebaskan Muslimah Indonesia dari yang awalnya tidak mengenal Quran, menjadi bisa membaca Quran. Program ini dilaksanakan melalui pelatihan baca Quran gratis dengan metode tahrir, yakni one day training dapat membaca Quran.

“Amazing Muslimah ini, awalnya berencana atau menargetkan pelatihan untuk 10 ribu muslimah dengan 200 kali pelatihan. Namun baru sekitar 50% terealisasi,” imbuhnya.

Dalam pertemuan yang diadakan pada Selasa (10/5), bertempat di Kantor Dompet Dhuafa, Ciputat, Tangerang Selatan, ketiga pihak penyelenggara program Amazing Muslimah sepakat untuk menutup kerjasama yang telah berlangsung kurang lebih dua tahun ini. Di mana pihak Cinta Quran tidak lagi menjadi lembaga pelaksana program, namun Dompet Dhuafa dan Peggy tetap melanjutkan perjuangan program Amazing Muslimah ini hingga waktu yang tidak ditentukan.

“Pada dasarnya ada rasa bahagia dan rasa sesal yang saya rasakan dalam acara penutupan program ini. Di satu sisi saya merasa menyesal, karena program ini belum dapat memenuhi target yang ditentukan, yakni 10ribu muslimah. Di sisi lain saya merasa cukup senang karena setidaknya kita telah bergerak untuk membantu masyarakat dalam usaha memperoleh syafaat, yakni dapat membaca Al Quran. Namun harapannya walaupun sudah tidak bekerjasama lagi, ukhuwah antara Dompet Dhuafa, Mbak Peggy dan Lembaga Cinta Quran, tetap berlangsung dengan baik. Kemudian target yang belum tercapai dapat diselesaikan oleh penerus program ini,” ujar Ustad Fatih Karim, saat menyampaikan sambutan pada acara Penutupan Program Amazing Muslimah. 

Pertemuan Penutupan Program Amazing Muslimah juga memaparkan beberapa laporan sebagai bentuk evaluasi. Diantaranya selama program Amazng Muslimah berjalan, total sumbangan donasi yang diperoleh mencapai Rp 1,4 milyar yang digunakan untuk keperluan pelatihan baca gratis dengan pembukaan 200 kelas. Program Amazing Muslimah ini juga telah diadakan di 15 kota di seluruh Indonesia seperti wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Aceh, Palembang hingga Manado dengan total 5.725 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. (Dompet Dhuafa/Ira)